Tips Aplikasi Face Oil di Kulit Berminyak

Mau menambahkan face oil ke dalam skincare routine kamu tapi masih bingung karena punya kulit berminyak? Tiga tips berikut ini bisa kamu coba.

Selain sebagai sumber antioksidan yang kuat, face oil juga bisa membantu menangani berbagai macam jenis kulit. Dari kusam, kering, bekas jerawat, sampai bekas luka pun bisa sembuh dengan menggunakan face oil. Namun, di Indonesia ini, pemakaian face oil masih dianggap aneh oleh beberapa orang, terutama bagi yang punya kulit berminyak. Masa, kulit udah berminyak harus dilapisi minyak lagi?

Ada banyak cara memakai face oil supaya nggak terlalu overwhelming di kulit berminyak. Pertama yang harus diingat adalah sebaiknya gunakan face oil pada malam hari supaya makeup nggak gampang luntur dan bercampur dengan minyak yang nantinya berpotensi memicu pori-pori. Lagipula, menggunakan face oil di malam hari juga bisa memberikan manfaat ekstra bagi produk-produk lainnya yang kita pakai. Antioxidant + acid? Great! Antioxidant + moisture? Perfect!

Lihat: 5 Rekomendasi Face Oil untuk Kulit Berminyak Berjerawat

Ini tiga langkah yang bisa kamu coba saat memakai face oil di kulit berminyak:
the-ordinary-rosehip-seed-oil-2Campur dengan Pelembap

Untuk pemula yang baru mau belajar pakai oil dan mau melihat reaksinya dulu di kulit, mencampurkan oil dengan pelembap adalah cara paling simple untuk memperkenalkan kulit ke oil. Teteskan satu atau dua tetes dan aplikasikan secaa merata sampai ke leher. Supaya kulit nggak terasa lengket, gunakan face oil bersama pelembap di malam hari. Kalau setelah beberapa hari nggak ada reaksi negatif, baru gunakan face oil sebelum pelembap setiap harinya.

Lihat: Face Oil yang Lagi Naik Daun: Tamanu Oil

Jangan Ditetes Langsung ke Kulit

Banyak orang yang mendemonstrasikan pemakaian face oil dengan meneteskan oil-nya langsung di atas kulit. Meskipun terlihat lebih higienis, tapi kadang produk yang diteteskan keluar terlalu banyak dan produk jadi susah menyerap. Kamu bisa teteskan dulu oil di tangan, dihangatkan, dan kemudian baru dab-dab perlahan ke wajah. Dengan cara ini, oil jadi lebih cepat menyerap dan kamu pun bisa mengontrol jumlah produk yang dikeluarkan.

Lihat: Jangan Takut Pakai Face Oil!

Bersihkan Residu dengan Tisu

Terakhir, kalau face oil sudah terasa menyerap tapi masih ada sisa-sisanya yang mengilap di permukaan, tinggal tempelkan aja tisu di atas wajah untuk menyerap residu. Ini untuk mencegah supaya kulit jadi nggak tambah berminyak dan nantinya memicu komedo muncul. Jangan lupa, kunci face oil dengan pelembap setelahnya.

Apa tips kamu dalam memakai face oil? Share di comments, ya!