4 Produk Skincare yang Nggak Perlu Budget Tinggi

Serum boleh mahal, namun empat produk skincare ini nggak perlu budget tinggi.

Buat saya, membentuk regimen makeup yang lengkap akan selalu terasa lebih mudah daripada mengumpulkan produk-produk untuk sebuah skincare routine yang paripurna. Kenapa? Karena harga produk skincare yang dianggap bagus lebih sering mahal daripada murah, apalagi untuk mahasiswa. Mungkin itu alasannya ada’ ‘200K Makeup Challenge’, tapi nggak ada ”200K Skincare Challenge”, LOL!

Baca juga: Jangan Tertekan Skincare Bagus Berharga Mahal

Walaupun begitu, masih ada kok kategori produk skincare yang nggak perlu mahal. Sama seperti makeup, produk skincare juga ada kok yang mengalami ‘brand washing‘ alias mahal cuma karena merek, tapi efektivitasnya belum tentu terjamin. Kalau sebelumnya Deszell udah menyarankan untuk steal di produk face wash dan hydrating toner, dari pengalaman saya trial and error, ini beberapa kategori produk skincare yang udah bagus bangut walau kamu beli dengan harga terjangkau:

Micellar Water

Dari semua micellar water yang saya pernah coba, mahal nggak selalu berefek bagus kok. Brand pertama micellar water saya adalah Bioderma, tapi sekarang saya pakai Garnier, tetap bisa menghapus makeup dengan efektif kok. Justru dengan Bioderma, saya sempat merasakan sensasi cekit-cekit dari ketiga jenis micellar water-nya, tapi pakai micellar water L’Oreal atau Garnier malah nggak kenapa-kenapa. Untuk micellar water, nggak perlu beli yang mahal untuk dapat hasil efektif..

Lip Balm

Saya sempet bingung sih pas ngeliat brand ngeluarin lip balm ratusan ribu. Emang yang beli sebanyak itu? LOL! Untuk lip balm, NIVEA Lip Butter udah cukup banget buat saya, walaupun favorit saya adalah Burt’s Bees Lip Balm yang memang termasuk affordable di luarnegeri. Untuk kategori produk ini, kayanya nggak perlu banget untuk beli yang mahal.

nivea-lip-butter-review-article-3

Sunscreen

Nah, untuk produk ini, kayanya hoki banget ya kalau bisa dapat yang murah dan bagus! Sunscreen adalah salah satu produk yang paling cepat habis buat saya. Buat saya yang Western-skincare minded, saya harus akui kalau seluruh sunscreen favorit saya asalnya dari Asia! Karena itu, harganya memang jadi lebih affordable dibanding sunscreen barat yang bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Biasanya saya pakai Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA+++ atau Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA++++. Keduanya gampang dicari dan harganya nggak bikin kantong bolong.

Himalaya-Clarifying-Mud-Mask1

Clay Mask

Sebagai pemilik kulit berminyak, saya nggak bisa lepas dari clay mask. Buat saya, nggak perlu investasi banyak-banyak untuk clay mask karena biaya produksi clay mask sebenarnya cukup murah. Ini pasti agak kontroversial, karena pasti banyak di luar sana yang suka banget sama clay mask high end dari berbagai merek, but I stand my grounds. Dari beberapa clay mask yang udah pernah saya coba dari high end sampai drugstore, sejujurnya saya nggak bisa bedain mana hasil yang mahal dan yang terjangkau, karena semua sama bagusnya. Jadi, buat apa saya harus bayar lebih? Hehehehe. Clay mask favorit saya adalah Himalaya Clarifying Mud Mask yang sudah pernah di-review juga sama Mbak Affi AssegafClay mask adalah produk yang paling gampang untuk dibikin versi DIY-nya lho, yang bisa bikin harganya jadi lebih murah lagi.

Dengan menghemat di empat produk ini, saya bisa pakai selisihnya untuk nabung beli serum dan essence yang lebih mahal. Kamu ngirit di kategori produk skincare lainnya juga nggak? Let me know in the comment box below.