Proses Terbentuknya Bekas Jerawat Bopeng

Katanya acne scar itu terbentuk karena kita sering mencet jerawat sendiri. Tapi apakah benar itu 100% proses terbentuknya acne scar?

Kalau dari kemarin yang sering dibahas adalah cara mencegah, dan mengatasi bekas jerawat, ali ini saya mau share apa penyebab bekas jerawat jadi bopeng atau scaring parah. Nah, umumnya nih bekas jerawat bopeng itu selalu dibilang karena tangan kita yang iseng. Iseng pencet sana-sini, yang akhirnya jadi luka dalam. Tapi ada juga kan, yang nggak pegang atau pencet sekali pun jerawatnya, tapi tetap scaring?

Jadi nih, ternyata sebelum tangan kita iseng pencet-pencet jerawat bengkak, calon luka itu bisa jadi sudah terbentuk. Jerawat itu kan timbul salah satunya karena adanya penumpukan minyak, debu, sel kulit mati dan bakteri pada pori-pori. Kalau penumpukan ini dibiarkan lama, ya akhirnya akan timbul jerawat. Kalau nggak langsung diatasi dengan cara exfoliasi atau menggunakan acne treatment, bengkak ini akan semakin besar dan bisa merusak lapisan kulit. Untuk beberapa kasus jerawat memang sih nggak akan sampai luka dalam. Tapi kalau proses ini terjadi berulang-ulang di tempat yang sama, lama-lama peradangan tersebut bisa merusak kolagen dan jaringan kulit sehat kita.

Bekas Jerawat Bopeng-2

Baca Juga: Tipe dan Cara Mengatasi Bekas Jerawat

Nah, scar sisa jerawat sebenarnya adalah jaringan ikat fibrosa yang menggantikan sel-sel kulit normal ketika terjadinya luka. Sebenarnya pada scar juga terdapat kolagen, tapi komposisi kolagen yang ada di dalam scar ini beda dengan kolagen yang ada pada kulit sehat. Makanya terdapat perbedaan tekstur dan juga tebal-tipisnya kulit.

Jenis jerawat seperti apa sih yang akan meninggalkan scaring parah? Biasanya tipe cystic alias jerawat tanpa mata yang “dalam”, atau jerawat pustule yang meradang. Paling solusinya untuk mengurangi bopeng pada wajah, kamu bisa mencoba treatment laser, microdermabration atau peeling, yang tentu harus dilakukan berkali-kali. 

Baca Juga: FD Little Notes- Jerawat 

Cara lain untuk mengurangi parahnya scaring, kamu bisa menggunakan skincare yang mengandung kolagen atau yang merangsang pertumbuhan kolagen. Dan tentunya saat ada jerawat yang timbul, jangan hanya fokus mengeringkan tapi juga harus tetap dijaga kelembapan kulit. Karena kulit yang kering biasanya merupakan sinyal kulit yang nggak seimbang, dan akan lebih rentan terkena masalah seperti iritasi, yang bisa membuat jerawat semakin parah.