Belanja Makeup Sampai Influencer Indonesia yang Bikin Kangen

Belum sebulan tinggal di luar negeri, ini empat hal tentang beauty yang bikin saya (udah) kangen sama Indonesia.

Banyak yang belum tahu kalau saya sekarang sudah nggak di Indonesia. Ya, saya sedang menjalani program pertukaran pelajar ke kota Tampere, Finlandia selama enam bulan, sampai akhir tahun ini. Saat persiapan berangkat, saya excited banget soal hal ini. Saya sudah bayangin saya bakal gampang banget untuk mendapatkan akses ke new releases dan karena saya di Eropa, saya bisa online shopping sesuka hati kalau produknya dari Amerika. Kenyataannya? Kalau belanja online, harganya jadi lebih mahal dengan pajak dan shipping! Nggak cuma itu, Finland bukanlah negara yang ”beauty-minded”, jadi barang-barangnya cukup terbatas. Setelah liat-liat ”harga” untuk cantik di Finlandia, ini empat hal yang membuat cantik di Indonesia itu nggak cuma murah, tapi gampang!

Prestige Salon-2

Mau ke Salon atau Spa? Dari Murah sampai Mahal Tersedia

Sempat mengurungkan untuk memotong rambut di Indonesia, sekarang saya menyesal banget! Biaya untuk memotong rambut di Eropa dimulai dari €40 atau sekitar Rp630.000,- sekali potong rambut. Saya tahu sih, di Indonesia juga banyak yang udah motong rambut dengan harga segini, tapi pasti udah sama senior stylist-nya, kan? Di sini juga nggak ada treatment seperti creambath atau hair spa di salon, jadi harus DIY di rumah.

Kalau pegal-pegal, saya harus bergantung sama bekal balsem dan koyo dari Indonesia karena biaya ke spa di sini ngalahin harga spa di hotel bintang lima di Bali! Seandainya saya bisa pesan tukang pijat dari aplikasi online dan diantar pakai ojek sampai Finland, LOL!

Makeup Murah Bagus

Brand Makeup yang Bervariasi, Mulai dari Internasional sampai Lokal

Dulu saya sempat mikir, “Di Indonesia dikit banget ya, ketersediaan produk makeup-nya? Belum ada merek A atau brand B yang masuk ke Indonesia.” Padahal, di Indonesia udah cukup banget dengan kehadiran Urban Decay, Benefit Cosmetics, MAC, ditambah dengan brand-brand yang masuk lewat SEPHORA seperti BECCA Cosmetics, Cover FX, Stila, Too Faced, dan lain lain. Brand lokalnya juga nggak kalah menarik, apalagi dengan inovasi-inovasi yang sudah bermunculan. Saat berangkat, saya sampai bawa seluruh lipstik lokal favorit saya karena takut kangen, hahaha! Di Finlandia sendiri, makeup hanya bisa dibeli di department store, dan pilihannya sedikit sekali. Kalau pingin beli eyeshadow palette Anastasia Beverly Hills atau lipstik Dose of Colours, saya tetap harus beli online, biasanya dikirim dari UK.

Banyak Online Shop dan Jasa Titip untuk Makeup

Kalau masih berasa kurang dengan makeup yang tersedia offline, tinggal buka Instagram dan tulis hashtag #jualmakeup atau #jual *ketik nama brand*, akan tersedia banyak banget online shop yang bisa membantu untuk mendapatkan produk makeup yang kamu mau. Pilihan jasanya pun bervariasi: ada yang ready stock, ada yang pre-order, ada yang jasa titip juga. Dengan sedikit kegigihan dan kesabaran (and extra money!), kamu bisa mendapatkan produk yang susah dicari di Indonesia, dari belahan dunia manapun.

Sampai ekarang, saya masih bingung gimana cara mendapatkan sunscreen Innisfree favorit saya karena nggak ada online platform yang jual di Finlandia sini. Kalaupun ada, harga shipping-nya melebihi harga produknya, hahaha!

Produk Jerawat Favorit Beauty Influencer Indonesiafeat

Banyak Sumber Informasi: Media, Influencer, dan Komunitas

So far, saya baru nemu beberapa beauty influencer dari Finlandia dan jumlahnya nggak sampai sepuluh. Mungkin saya hanya belum nemu, tapi coba bandingkan dengan Indonesia yang influencer-nya buanyak banget! Walaupun begitu, tiap influencer punya kelebihan dan keunikan sendiri, jadi kita akhirnya ”berkiblat” pada banyak influencer untuk hal-hal yang berbeda. Misal, untuk skincare, saya percaya banget sama review-nya Kae Pratiwi karena jenis kulitnya mirip, tapi kalau makeup, saya suka nonton Chea Nuh di YouTube karena kesamaan warna skintone. Female Daily juga jadi kunci, karena review-nya semua jujur dan real, malah terlalu jujur, LOL! Dengan banyaknya sumber informasi, kita dapat mengurangi ”salah beli” atau lapar mata, jadi lebih irit deh.

Kalau gini, kalimat ”cantik itu mahal” jadi nggak berlaku kan, di Indonesia? Dengan ketersediaan produk yang beragam, informasi yang luas, dan kemudahan mendapatkan barang, cantik di Indonesia jadi murah, price and effort-wise. 

Untuk yang sedang tinggal di luar negeri, apa kemudahan ”cantik” di Indonesia yang kamu kangenin? Tulis di komen ya!