banner-detik

aging

Memaksimalkan Manfaat SPF dari Baju

seo-img-article

Nggak cuma sunscreen, baju kamu juga punya manfaat SPF, lho. Baju yang seperti apa?

Seperti kata founder dan CEO brand Novexpert, Cyrille Telinge, sebenarnya kita nggak harus tertutup sunscreen sepanjang waktu. Kalau sudah sore, atau kita hanya keluar rumah sebentar dan kena paparan sinar matahari di bawah 20 menit, nggak perlu lah pakai sunscreen. Ternyata kebiasaan mama saya yang rajin pakai payung kalau cuma ke Alfamart itu ada benarnya 😀

Dan sebenarnya, kita juga bisa kok, dapat manfaat SPF dari baju yang kita pakai sehari-hari. Menurut dermatolog Amy Kassouf, MD, baju yang sesuai kriteria untuk perlindungan SPF, punya beberapa kelebihan dibanding sunscreen. Seperti, nggak ada istilah re-apply, and it stays on top of your skin.

WhatsApp Image 2017-08-16 at 09.16.59

Perlindungan matahari yang diberikan baju biasa diukur dengan istilah ultraviolet protection factor (UPF). Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapat UPF maksimal dari baju kamu:

-Semakin gelap warnanya, semakin baik dalam menyerap sinar UV sebelum masuk ke kulit. Warna hitam akan lebih protektif ketimbang warna pastel. Semakin vivid, juga semakn bagus. Contohnya, baju warna kuning terang lebih tinggi UPF-nya ketimbang kuning soft. Apakah baju putih jadinya lemah? Belum tentu. Banyak baju putih memiliki optical whitening agent, bahan kimia yang justru sangat bagus menyerap sinar UV, terutama UVA.

Baca juga: Sesekali, Tinggalkan Sunscreen!

Baju dengan bahan tebal dan jahitan rapat akan semakin baik dalam menangkal sinar UV. Denim, nylon dan polyester adalah sejumlah contohnya. Katun, bahan yang saya yakin paling sering kita temui dan pakai sehari-hari, justru tidak terlalu baik.Tapi ada trik yang bisa kamu lakukan agar baju katun bisa punya UPF yang lebih maksimal: saat beli baju baru yang berbahan katun, cuci dua atau tiga kali sebelum dipakai. Proses mencuci akan membuat baju sedikit menyusut, dan membuat jahitannya semakin rapat.

manfaat-spf-upf

-Cek label UPF di label baju kamu saat membeli. Kebanyakan yang menyantumkan keterangan ini memang masih merek-merek baju olahraga, sih. Cara bacanya: UPF 40 berarti baju tersebut mampu menyerap sinar UV sehingga efeknya yang sampai ke kulit hanya 1/40-nya saja. Kalau baju kamu nggak ada label UPF-nya, just go back to the “good material list” di point sebelumnya 😀

Slow Down

Please wait a moment to post another comment