Tips Makeup Selfie untuk Instagram

Suka upload hasil makeup selfie di Instagram? Ini tipsnya agar makeup on fleek dan tertangkap kamera!

Sejak punya akun Instagram, saya jadi hobi sekali melakukan selfie. Dan karena saya beauty enthusiast, jadi kebanyakan selfie yang saya lakukan adalah makeup selfie, atau selfie untuk menunjukan makeup look yang sedang saya gunakan. Ada kesenangan tersendiri ketika mengaplikasikan bermacam-macam makeup look ke wajah, kemudian ambil foto, upload di Instagram, dan menerima berbagai macam komentar baik pujian maupun kritik dan saran. Ada yang seperti saya juga? :D

Walau saya selalu berusaha menyajikan makeup look yang berbeda-beda untuk dipamerkan di akun Instagram, namun tetap ada beberapa trik yang selalu saya pakai, agar hasil makeup selfie saya lebih enak dilihat. Dan teknik makeup untuk selfie ini sedikit berbeda dengan makeup yang saya suka untuk tampilan sehari-hari.

Baca juga: Saya Mencoba Makeup ala Instagram dan Inilah Hasilnya

makeup selfie (3)

Full Coverage Foundation

Sebenarnya untuk sehari-hari maupun untuk acara khusus, saya lebih nyaman dengan sheer coverage foundation yang terlihat natural. Biasanya saya mengaplikasikan foundation tipis-tipis, langsung dengan menggunakan beauty blender. Tapi kalau untuk foto, saya lebih memilih full coverage foundation untuk menghasilkan hasil foto wajah yang mulus, tanpa noda dan bahkan tanpa pori-pori.

Untuk keperluan foto, saya lebih suka menggunakan buffing brush untuk mengaplikasikan foundation, agar coverage-nya lebih full. Foundation yang saya gunakan pun juga lebih banyak dari biasanya. Baru setelah dibaur dengan menggunakan buffing brush, saya tap-tap lagi dengan menggunakan beauty blender, untuk lebih menghaluskan finish-nya. Atau kalau sudah menonton video youtube Female Daily: Get Ready with Tasya Farasya, di situ ditunjukan hack foundation tanpa pori-pori ala Tasya Farasya, yang boleh dicoba :D.

Baca juga: 3 Cara Memakai Foundation

Alis Tegas

Meskipun untuk sehari-hari saya lebih suka alis natural dengan menggunakan pensil alis, namun harus saya akui, thick, sharp, dan clean eyebrow atau Instagram eyebrow lebih enak dilihat saat difoto. Alis yang tajam dan super rapi nggak terlalu terlihat fake ketika difoto kok. Jadi untuk keperluan makeup selfie, saya lebih suka menggunakan eyebrow pomade atau eyebrow cream dibandingkan eyebrow powder dan pencil. Setelah menggambar alis, saya juga akan merapikan lagi area sekeliling alis dengan menggunakan concealer.

Baca juga: Mencoba Berbagai Produk Alis Non Pensil Brand Lokal

Strong Contour & Blended Blush

Untuk makeup selfie, saya biasanya mengaplikasikan contouring dan blush yang lebih tebal. Karena bila dipakai dengan ketebalan seperti biasa, warna shading dan blushon yang saya aplikasikan tidak dapat tertangkap kamera. Namun walau memakai dengan tebal, pastikan semua produk di-blend dengan baik, sehingga tidak ada garis perbatasan yang kasar. Jadi walau contour dan blush  yang kita pakai cukup tebal, namun tetap terlihat natural sekaligus mampu memberikan dimensi pada wajah saat di foto.

makeup selfie (1)

Highlighter Is a Must!

Dan terakhir, jangan lupa aplikasikan highlighter di beberapa titik wajah yang ingin ditonjolkan seperti tulang hidung, bagian dalam mata, dahi dan cupid bow. Ketika difoto dengan pencahayaan yang tepat, kilau highlighter akan membuat wajah terlihat lebih hidup dan berkilau sehat. Apalagi kalau foundation yang kita pakai matte-finish, highlighter akan mengembalikan kilau wajah ketika di foto. Kalau nggak punya produk khusus untuk highlight, kita bisa menggunakan shimmery eyeshadow warna putih gading atau champagne.

Baca juga: 3 Alasan Produk Highlighter Nggak Urgent Dibeli

Cobain deh, dan lihat perbedaan hasil foto-fotomu sebelum dan sesudah memakai trik-trik di atas.