3 DIY Skincare Teh Hijau untuk Wajah Segar

Ternyata teh hijau nggak cuma bagus untuk diminum lho, DIY dengan teh hijau berikut ini bisa jadi ”penyelamat” kulit kita karena teh hijau punya banyak manfaat.

Sebenarnya saya cenderung ke coffee person sih daripada tea person, tapi saya minum teh sama seringnya kayak minum kopi. Salah satu jenis teh favorit saya adalah teh hijau karena selain rasanya yang enak, teh hijau punya banyak kandungan baik yang penting untuk kesehatan. Secangkir teh hijau punya kandungan katekin dan polifenol tinggi yang bekerja sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas sekaligus juga agen terpenting anti-aging. Selain itu teh hijau juga bisa mengurangi peradangan dan mencegah bakteri. Kandungan vitamin C di dalam teh hijau juga terbilang rich, bila dibandingkan dengan lemon, so it can help to brighten our skin too! 

Saya pernah baca salah satu tulisan University of Texas yang bilang teh hijau adalah jenis teh yang paling beneficial sekaligus aman untuk digunakan di wajah. Oh ya, please keep in mind, untuk treatment menggunakan teh hijau di wajah usahakan cari produk teh hijau yang murni tanpa tambahan perasa lain ya, dan nggak perlu juga menggunakan gula hehe. Satu lagi, karena teh hijau mengandung kafein, pastikan kita nggak alergi sama kafein biar nggak ada reaksi negatif ketika mengaplikasikan teh hijau ke wajah.

Treatment Dark Circle

Sebagai langganan tetap mata panda, saya selalu cari cara buat menyembunyikan warna kehitaman di bawah mata saya. Salah satu yang sering saya lakukan adalah treatment menggunakan kantong teh celup. Setelah saya seduh teh celup dengan air panas untuk diminum, kantong teh celup yang sudah saya pakai tidak langsung saya buang. Teh celup yang sudah digunakan tadi saya simpan di freezer kurang lebih selama 30 menit kemudian saya pakai ke seluruh area bawah mata, bisa didiamkan sebentar lalu kemudian di tap tap untuk memastikan setiap area kebagian terkena tea bag tadi. Sensasi yang dingin membantu menyegarkan daerah sekitar mata yang lelah, walaupun nggak 100% dark circle­-nya hilang, tapi lumayan membantu mencerahkan kok.

Toner Teh Hijau

Caranya cukup mudah, tinggal seduh teh hijau dengan air panas, tunggu sebentar sampai agak dingin, kemudian masukan air teh hijau ke cetakan es batu dan diamkan di freezer sampai membeku. Kalau sudah beku bisa digunakan di pagi hari setelah mencuci muka. Toner ini bakal membantu untuk soothing wajah, mengecilkan pori-pori, dan mencegah minyak berlebih serta jerawat. Kalau kamu ngerasa ribet menggunakan bentuk es batu, bisa juga teh hijau yang sudah diseduh disimpan ke dalam botol spray dan diaplikasikan setelah mencuci muka atau sebagai face mist. Toner spray tadi perlu disimpan di kulkas agar lebih segar dan awet. Kamu juga bisa tambahkan essential oil yang kamu suka, agar lebih awet.

800297B3-CE35-4A2A-94C2-B7250AFD28C0

Jadi Campuran Masker

Ini yang agak berbeda dengan dua DIY treatment sebelumnya karena agak lebih repot. Saya bikin campuran masker menggunakan plain thick yoghurt, sedikit madu dan yang terakhir green tea powder. Terus, saya ambil ampas teh hijau untuk scrub muka kita kalau maskernya udah agak mengering. Setelah pakai masker ini, muka saya sedikit lebih cerah dan terlihat lebih fresh aja kerasa seperti habis detox hehe.CD3F0BDF-E531-4069-B72D-3C5568DED230

Cara lain, bisa juga ambil ampas teh hijau untuk scrub muka kita kalau maskernya udah agak mengering. Setelah pakai masker ini, muka saya sedikit lebih cerah dan terlihat lebih fresh aja kerasa seperti habis detox hehe.

Tertarik mencoba?