5 Cara Mudah Tidur Cepat

Kurang tidur akibat begadang atau insomnia bisa menyebabkan banyak gangguan kesehatan. Buat yang susah tidur, ini 5 cara mudah supaya kamu bisa tidur cepat. 

Ada dua tipe orang, tipe pertama adalah yang ketika ketemu kasur dia bisa langsung tidur, dan tipe kedua adalah yang butuh waktu berjam-jam baru merasa ngantuk dan akhirnya tertidur. Buat kamu yang termasuk tipe pertama, kalian sangat beruntung, and I really envy you!

Pernah suatu waktu saya lagi sleepover sama teman, sebelum tidur kita biasanya ngobrol-ngobrol dan pas setelah teman saya itu cerita, dalam hitungan kurang dari dua menit dia udah tidur pulas. Sementara saya baru tidur sekitar satu jam setelah itu. Nggak cuma sekali-dua kali saya susah tidur, no wonder my dark circle never seems to be gone.

Tapi akhirnya saya menemukan cara-cara yang sangat membantu bikin saya tidur lebih cepat, dan trik-trik ini benar-benar penyelamat banget ketika saya harus bangun pagi atau ketika badan saya lagi butuh banget istirahat cukup.

carrie-bradshaw-lied-blog-6 (1)Image : carriebradshawlied.com

Bangun Suasana Nyaman

Saya nggak akan bisa tidur kalau kasur berantakan, so the first thing I always do adalah merapikan kasur. Kalau kasur udah bersih, harus ada bantal, guling (ini wajib buat saya!), dan selimut. Kalau ruangannya dingin saya pakai selimut yang tebal, atau bisa juga pakai kain pantai yang adem kalau nggak terlalu dingin. Biasanya saya pakai selimut harus nutupin bahu, it made me feel more safe dan kayak dipeluk hehe, tapi ini tergantung masing-masing ya. Nggak ketinggalan, saya juga selalu siapin air putih di dekat kasur karena sebelum tidur saya gampang haus, jadi biar nggak perlu bolak-balik bangun dari kasur.

Next, atur suhu ruangan jadi lebih dingin, suhu yang lebih rendah membantu tubuh kita lebih rileks, salah satu yang paling bikin saya nggak bisa tidur itu kalau ruangannya gerah, jadi saya nggak pernah skip nyalain kipas angin kalau malam hari. Selain suhu, intensitas cahaya kamar juga harus disesuaikan. Ruangan yang gelap bisa membuat otak kita lebih rileks dan terstimulasi untuk segera tidur. Kalau takut buat matiin lampu, bisa coba pakai lampu tidur.

Minuman yang Bisa Merangsang Kantuk

Ada banyak sebenarnya, tapi yang pernah saya coba dan berhasil itu susu hangat dan jus apel. Teh juga bisa membantu, you can try chamomile atau green tea, tapi jangan yang mengandung kafein ya! I prefer not to drink tea sebelum tidur karena teh bersifat diuretik alias menambah produksi urin, males banget kan kalo harus terus-terusan ke toilet pas udah mulai ngantuk. And, never go for coffee, obviously. Saya pernah minum kopi (lupa kopi apa) jam tujuh malam dan sukses nggak bisa merem sampai jam enam pagi, walaupun badan lagi capek banget waktu itu.

Pasang Aromaterapi & Musik

Wangi lavender dan peppermint salah satu yang paling ampuh! Caranya, bisa pakai essential oil yang diteteskan ke bantal atau saya juga pernah pakai scented candle. Selain wewangian, bisa juga dengan mendengarkan suara-suara yang slow-paced seperti musik folk atau as simple as suara deru kipas angin. Suara hujan, suara ombak air laut atau suara hewan di hutan tropis juga bisa bikin kita terlelap. Walaupun tinggal di perkotaan, kita bisa manfaatkan apps di gadget dan Youtube buat bisa dengerin berbagai nature sounds tadi. Kamu bisa cari pakai keywordwhite noise” di Google Playstore, App Store ataupun Youtube karena sudah banyak tersedia di sana.

Menulis

Kalau kamu punya banyak hal yang harus dikerjakan di keesokan hari, coba bikin list di kertas atau di handphone kamu. Cara ini dibenarkan oleh  Andrew J. Westwood, M.D., profesor ahli saraf dari Columbia University, membuat list bisa mengurangi pikiran kita yang sedang stres. Atau kamu bisa juga coba saran dari salah satu teman saya, yakni bikin list hal baik apa saja yang terjadi hari ini yang bisa kamu syukuri. Sebenarnya tulis tentang apa saja bisa membantu kita biar nggak overthink. Jadi, whenever you got a lot on your mind, coba diurai satu-persatu lewat tulisan.

Disiplin di Tempat Tidur

Semasa tinggal di kost dulu, saya selalu ‘’nongkrong’’ di kasur kalau lagi males pergi kemana-mana. Nonton film, belajar buat ujian, ngerjain tugas, main gitar, sampai makan pun semuanya selalu di kasur. And now I know kalau nggak seharusnya kita beraktifitas di atas kasur, kecuali untuk istirahat. Kalau kita membiasakan ke kasur hanya ketika kita mau tidur, our brain will be adaptive to it, jadi setiap kita naik ke atas kasur otak kita akan mudah mengatur mode istirahat.

Sementara kalau kita terbiasa melakukan ini-itu di kasur, maka otak kita membiasakan untuk stay awake’walaupun sebenarnya badan kita sudah butuh tidur. Hal yang harus dilakukan adalah, kalau kamu mengalami susah tidur, leave your bed dan lakukan aktifitas apapun di ruangan lain, kamu bisa kembali lagi ke kasur kalau sudah benar-benar mengantuk.

Semoga cara-cara di atas bisa membantu ya :)