Keratin Treatment untuk Rambut Kering dan Rusak

Patut dicoba, asupan kolagen untuk rambut kering dengan Keratin Treatment. Ini proses dan pantangan yang harus kamu perhatikan.

Keratin treatment ini bukanlah treatment baru di dunia rambut. Saya sendiri sudah mengenai treatment ini sejak enam tahun lalu. Nah, apa sih keratin treatment? Jadi treatment ini memiliki banyak fungsi, namun fungsi utamanya adalah memperbaiki rambut yang rusak akibat sering terkena proses kimia dan styling tools. Tapi ada juga yang menggunakan treatment ini agar mudah menata rambut. Soalnya habis melakukan keratin treatment, rambut akan lebih mudah diatur dan jatuhnya lurus.

Lalu apa sih kehebatan keratin ini sendiri? Sebenarnya keratin ini adalah protein alami yang memang sudah ada pada batang rambut kita. Namun dengan seringnya rambut terkena styling tools dan juga zat kimia, maka jumlah protein keratin pada rambut berkurang, bahkan bisa hilang 100% apabila rambut sudah pernah di-bleaching.

keratin treatment

Dengan melakukan keratin treatment ini kita seperti mengembalikan protein keratin pada batang rambut. Hasilnya kalau sudah melakukan keratin treatment rambut akan langsung terlihat lebih glossy, lurus dan mudah untuk diatur. Nah, proses untuk treatment ini sendiri memakan waktu tiga hingga enam jam, tergantung dengan kondisi rambut kamu. Nah, tipe rambut seperti apa sih yang bisa melakukan ini? Hampir semua jenis rambut bisa melakukan treatment ini. Tapi kalau kamu memiliki helaian rambut yang tipis dan halus, sebaiknya menghindari treatment ini karena bisa bikin rambut kamu terlihat lepek.

Treatment ini cukup simpel, hanya ada tiga tahapan yang perlu dilalui. Tahap pertama adalah mengaplikasikan cairan keratin mulai dari kulit kepala hingga batang rambut. Tahap kedua adalah menunggu cairan keratin meresap pada rambut sekitar 20 menit. Setelah itu baru dilakukan proses pelurusan rambut. Nah pelurusan rambut ini penting dilakukan karena berfungsi sebagai sealer keratin ke rambut kita. Setelah seluruh rambut dicatok lurus, tahapan selanjutnya adalah dibilas dan kembali diluruskan dengan catokan. 

Jadi itu sepintas soal keratin treatment. Kemarin karena saya mulai lelah harus blow dry atau catok rambut setiap hari, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba keratin treatment di salon Blobar The Hair Studio. Hasil yang saya dapatkan sih, sesuai banget seperti yang saya inginkan. Rambut lebih “jatuh”, nggak mengembang dan nggak lagi bergelombang nggak jelas. Menata rambut pun jauh lebih mudah dan nggak perlu dicatok setiap harinya.

Keratin Treatment untuk Rambut Kering dan Rusak

Tapi dari treatment ini yang nggak saya suka adalah merubah warna rambut blonde menjadi warna kuning. Hal ini bisa terjadi kerena dalam keratin yang diaplikasikan pada rambut saya, megandung glycolic acid, yang akan menerangkan dan mengubah warna rambut blonde. Tapi di luar hal tersebut, treatment ini sangat memuaskan saya, karena rambut jadi lebih mudah diatur dan terlihat lebih sehat. Dan hal lain yang saya suka, hasil rambut lurus yang didapatkan masih terlihat natural dan nggak terlihat lurus kaku.

Nah, setelah treatment ini ada banyak pantangan yang nggak boleh dilakukan. Misalnya baru boleh menguncir dan cuci rambut setelah tiga hari. Karena keratin membutuhkan waktu setidaknya 48 jam untuk meresap dengan baik ke batang rambut. Setelah treatment ini juga disarankan untuk menggunakan shampo non SLS, supaya keratin lebih awet di rambut.

Keratin treatment ini akan bertahan dirambut selama jangka waktu dua hingga tiga bulan, tergantung bagaimana kita merawatnya. Di treatment kali ini saya happy banget, karena rambut beneran jadi bagus dan mudah diatur. Jadi mungkin beberapa bulan ke depan, saya akan melakukan treatment ini lagi di Blobar.

Nah, kalau kamu sendiri gimana? Tertarik ingin mencoba, atau malah sudah sering melakukan treatment ini?