Bahan Skincare Alami untuk Kulit Kombinasi

Pusing memilih bahan yang cocok untuk kulit kombinasi? Lima bahan skincare ini bisa jadi “sahabat baik” kulit kombinasi kamu.

Kulit kombinasi bisa dibilang paket lengkapnya tipe kulit. Kebanyakan, kulit kombinasi mempunyai beberapa area (T-zone) yang oily dan daerah lainnya kering. Kondisi ini terjadi karena kelenjar-kelenjar minyak (sebaceous glands) di wajah kamu bekerja dengan tidak seimbang, di satu area kelenjar minyak sangat aktif memproduksi minyak, sedangkan di daerah lainnya tidak. Ini yang bikin ngerawat kulit kombinasi jadi tricky.

Bahan skincare kamu baiknya ada di tengah-tengah (tidak terlalu harsh tetapi tidak pula terlalu mild) sehingga dapat bekerja tanpa merugikan satu tipe kulit saja. Apa saja bahan-bahan yang dapat bekerja seperti itu? Berikut lima bahan yang akan “bersahabat” di kulit kombinasi kamu;

Witch Hazel

witc hazel

Witch hazel merupakan mild astringent yang didapatkan dari tanaman witch hazel. Bahan ini dapat membantu membersihkan debu dan minyak berlebih di pori-pori tanpa membuat kulit menjadi kering. Witch hazel juga bersifat anti-inflammatory sehingga akan baik untuk merawat breakout dan kulit sensitif akibat dry patches. Sifatnya sebagai astringent membuat witch hazel cocok untuk mengencangkan pori-pori di wajah. Akibat khasiatnya ini, witch hazel sering dijadikan sebagai toner.

Baca juga: 2 Cara Memakai Toner untuk Jenis Kulit Berbeda

Madu

Salah satu alasan madu sering dijumpai pada natural skincare remedies karena madu merupakan anti-bacterial humectant, ia menghidrasi sekaligus membunuh bakteri pada kulit. Madu mengandung berbagai mineral dan vitamin yang nourishing dan baik untuk berbagai tipe kulit. Untuk kulit kombinasi, madu baik karena bahan ini dapat menghidrasi sekaligus menyeimbangkan produksi minyak.

Green Tea

Kalau soal green tea yang kaya akan antioksidan dan kemampuannya dalam mencerahkan wajah pasti sudah pada tau dong. Nah selain dua “kehebatan” itu, serupa dengan madu, green tea juga dapat menyerap minyak berlebih sambil merawatnya dengan melembabkan kulit. So, applying it all over your face would be worry-free!

Jojoba Oil

Jojoba-oil

Jojoba oil merupakan minyak asing yang cukup serupa konsistensinya dengan minyak alami kulit. Saat kita mengaplikasikan jojoba oil, kulit akan mengenalnya sebagai minyak alami sehingga dapat menyeimbangkan produksi minyak alami. Nah, karena itu kita nggak perlu khawatir menggunakan jojoba oil pada area kulit yang berminyak karena tidak akan membuat kulitmu memproduksi minyak yang berlebih.

Aloe Vera

Seperti yang sudah ditulis Kak Dara di artikel ini, aloe vera gel mengandung 99% air yang dilengkapi berbagai khasiat. Hal ini yang bikin aloe vera bagus banget untuk berbagai tipe kulit. It hydrates and soothes irritated dry skin really well dan dapat melembapkan kulit berminyak tanpa meninggalkan rasa lengket, thanks to teksturnya yang berbentuk gel. Selain itu, aloe vera juga dapat bertindak sebagai astringent yang dapat menyeimbangkan pH kulit, this also good for your oily areas. Jika kamu memilih aloe vera gel, aplikasikan secukupnya agar tidak lengket.

Selain bahan-bahan ini, membantu juga kalau kamu pilih skincare dengan tekstur yang nyaman. Kalau tekstur gel dirasa kurang, atau cream terlalu pliket, coba layer beberapa serum, atau serum dengan lotion.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu sudah menemukan bahan skincare favorit untuk kulit kombinasi?