3 Cara Memakai Sunscreen yang Praktis

Sunscreen nggak harus identik dengan rasa lengket dan nggak nyaman. Kalau kamu udah nemuin cara yang nyaman memakai sunscreen, dijamin ke depannya pasti nggak akan skip-skip lagi!

Nggak cuma untuk mencegah penuaan dini aja, menjaga kulit dari sinar UV juga penting buat kulit sensitif atau berjerawat yang gampang sekali muncul noda. Entah itu sun spots, flek hitam, atau noda bekas jerawat yang menggelap. Memang sih, selalu ngumpet dari matahari juga nggak baik karena tubuh tetap butuh asupan vitamin D, tapi untuk kesehatan kulit, menangkal sinar UV adalah langkah anti-aging pertama yang bisa kamu lakukan.

Nah, supaya nggak malas-malas lagi pakai sunscreen, coba tiga cara berikut ini.

cushion sunscreenGunakan Cushion Sunscreen

Salah satu alasan kenapa tren BB cushion jadi favorit dimana-mana adalah karena cushion makeup sangat praktis dan travel-friendly. Cukup dengan tap-tap produk dengan puff-nya, kamu bisa touch-up di mana aja. Nah, untuk mempersingkat waktu siap-siap di pagi hari atau sekedar touch-up tanpa merusak makeup, kamu bisa menggunakan cushion sunscreen yang hanya murni sunscreen tanpa ada color tint-nya.

Kalau bingung dimana belinya, just be creative and make your own! Kamu bisa membuat sendiri cushion sunscreen, yang perlu disiapkan hanyalah chemical sunscreen dan cushion case kosong yang sudah dicuci bersih. Dengan cara itu, kamu bisa memakai sunscreen seperti makeup lainnya, tanpa repot-repot menuang produk di tangan lalu diusap-usap. Touch-up pun jadi lebih gampang :D Untuk tutorial lengkapnya, bisa dibaca di artikel ini ya.

Lihat juga: Sejarah di Balik Cushion Makeup

Aplikasikan Physical Sunscreen Seperti Foundation

Berbeda dengan chemical sunscreen yang teksturnya lebih cair dan gampang menyerap di kulit, physical sunscreen teksturnya lebih padat dan butuh seni tersendiri supaya bisa diaplikasikan dengan mulus. Supaya gampang diratakan di wajah dan meminimalisir whitecast, cara mengaplikasikannya bisa dengan ditotol kecil-kecil di seluruh area wajah, kemudian baru diratakan dengan cara di dab-dab atau tepuk pelan layaknya memakai foundation dengan tangan. Dengan cara ini, sunscreen tetap bisa melapisi wajah dengan rata dan kulit pun jadi terhindari dari gesekan yang terlalu keras dan bisa memicu redness.

Lihat juga: SPF, PPD, PA+: Arti di Balik Label Sunscreen

sk6-800x533

Sedia Sunscreen Spray

Meskipun nggak dianjurkan sebagai satu-satunya sun protection yang dipakai, tetapi sunscreen spray bisa jadi penyelamat kamu ketika harus kena matahari mendadak dan nggak ada waktu untuk touch-up sunscreen. Kalau kamu sudah memakai sunscreen di bawah pelembap sebelumnya, selanjutnya tinggal semprot rata ke seluruh wajah seperti face mist, fokus di area yang paling terpapar sinar matahari dan jangan lupa untuk ditepuk-tepuk rata ke seluruh wajah.