Perlukah Menunggu Sampai Skincare Diserap Kulit?

Banyak yang percaya kalau saat layering skincare, penting banget untuk mempunyai waktu jeda agar setiap produk bisa diserap penuh oleh kulit. Sebenarnya, ini fakta atau hanya mitos?

Kalau kamu adalah pemakai skincare berlapis-lapis, pasti pernah bertanya sendiri: sebaiknya antara pemakaian toner dan serum, atau essence dan moisturizer, apakah harus menunggu sampai produk sudah terserap, atau bisa langsung templok skincare selanjutnya? Kalau di layer-layer tanpa jeda, bisa nggak sih cancel out efek produk yang dipakai sebelumnya?

skincare layering waktu tunggu 1Well, kalau nggak ditulis di kemasan dan kamu nggak mencampur skincare yang kontradiktif dengan satu sama lain, jawaban singkatnya adalah: kamu nggak perlu menunggu. Menurut skincare expert Paula Begoun, kulit kita bisa menyerap produk dengan cepat dan bisa handle banyak produk skincare dalam sekaligus. Karena layering skincare sudah menjadi cukup mainstream, produk skincare zaman sekarang juga sudah diformulasikan biar bisa dicampur-campur dengan produk lain. Jadi, menunggu produk menyerap satu persatu agar bisa bekerja lebih efektif hanyalah sebatas mitos, and honestly is just impractical.

Baca juga: Skincare Layering: Wajib atau Tidak?

Bahkan dengan produk AHA dan BHA, banyak dermatologis yang bilang bahwa sebenarnya tidak perlu menunggu terlalu lama (personally, saya suka menunggu lima-sepuluh menit atau sampai lumayan kering), karena formulasi produk-produk ini biasanya tidak gampang terpengaruh produk lain, kecuali retinol. Pokoknya, kalau layering skincare, yang penting nggak terasa tidak nyaman atau menggumpal di wajah, it is fine to layer them without waiting.

Tapi, ada beberapa produk skincare yang menjadi pengecualian, yaitu sunscreen, acne products dan Vitamin C. Kalau sunscreen dicampur dengan krim atau lotion lain, takutnya bisa mengurangi efektivitas nya. Kebanyakan produk acne treatments seperti benzoyl peroxide juga harus didiamkan beberapa saat biar bisa bekerja lebih efektif. Apalagi Vitamin C yang kuat dan sangat reaktif, harus lebih hati-hati saat dipakai.

Baca juga: Vitamin C Aman untuk Kulit Berjerawat?

So, saya rasa kalau cara memakai produk skincare yang benar itu sebenarnya tergantung preference sendiri juga ya. Mengutip Dr. Cynthia Bailey, dermatologis dari California, konsisten mengikuti skincare routine yang bagus itu lebih penting daripada ribet memikir tentang “waktu tunggu” untuk setiap produk. Jadi, at the end of the day, mau nunggu atau nggak, kedua cara ini sah-sah saja kok! biggrin