Ini Cara Pakai Vaseline Repairing Jelly yang Benar

Cari tahu kenapa pijatan dan double cleansing saat pakai Vaseline Repairing  Jelly penting dilakukan.

Wah, banyak banget ternyata yang kemarin tertarik sama bahasan Vaseline Petroleum Jelly untuk memanjangkan bulu mata, ya. Saya tahu banget kalau banyak yang pakai Vaseline Petroleum Jelly ini untuk banyak kegunaan lain, mainly sebagai skincare untuk kulit kering maupun iritasi, bahkan mungkin udah sampai turun-temurun generasi.

Baca juga: 3 Body Lotion untuk Kulit Kering Seampuh Body Butter

Bulan lalu, akhirnya Vaseline Petroleum Jelly resmi masuk ke Indonesia dimulai dengan versi original-nya dulu. Jangan bingung kalau nanti kamu lihat produknya ada di Indomaret dengan nama berbeda, karena di Indonesia, produk ini memang dipasarkan dengan nama Vaseline Repairing Jelly. Kandungannya sih tetap sama, 100% petroleum jelly alias mineral oil.

vaseline-repairing-jelly-indonesia-1

Saat acara launching-nya, saya ngobrol banyak dengan Dr. dr. Tjut Nurul Alam Jacoeb Sp.KK (K), dokter kulit dan dosen di Universitas Indonesia mengenai cara pakai petroleum jelly yang benar, agar nggak bikin clogging dan malah menimbulkan masalah.

Pakai di Kulit yang Bermasalah

Petroleum jelly yang sifatnya oklusif, membantu kulit dengan cara mengunci kadar air pada kulit agar nggak cepat menguap. Itulah kenapa Vaseline Repairing Jelly memang lebih dianjurkan dipakai pada kulit yang bermasalah, seperti kulit yang super kering, mengalami luka ringan, dan iritasi. Alias, kondisi kulit yang lagi nggak balance.

Baca juga: Vaseline Jelly Sekarang Ada di Lotion untuk Kulit Kering!

“Nggak perlu kulit yang nggak bermasalah pakai oklusif. Kalau kulit cuma kering-kering biasa, pakai aja pelembap water-based yang ringan,” kata dr. Tjut. “Vaseline ini gimana pun juga kan oil. Takutnya, kalau kulit nggak kenapa-kenapa dipakein ini, kelenjar minyak kulit justru menangkap minyak (produk ini), dan bisa nimbulin masalah kayak biang keringat, sampai jerawat.”

Namun, dokter justru menganjurkan Vaseline Repairing Jelly di bagi yang udah berumur. Kulit dewasa biasanya semakin kering, dan kemampuannya dalam menahan air biasanya menurun. Nah, boleh banget tuh, dibantu dengan pemakaian oklusif.

Penjelasan dokter ini sekaligus menjawab “legenda” Vaselin untuk bulu mata, ya. Menurut dokter, satu-satunya alasan yang possible, kenapa petroleum jelly bisa merangsang pertumbuhan bulu mata, karena saat dipakai helai-helai bulu mata terlapisi, sehingga jauh dari kekeringan dan pertumbuhannya jadi lebih baik.

Beri Pijatan

“Banyak produk pelembap di luar sana yang bahan utamanya air, jadi memang lebih gampang diserap oleh kulit. Nah, Vaseline ini kan pure oil, jadi harus dibantu dengan pijatan agar bisa masuk ke kulit dengan sempurna, jangan hanya dioles,” jelas dr. Tjut.

Bersihkan dengan Double Cleansing

Ini pesan dokter buat yang suka pakai petroleum jelly untuk membersihkan liquid matte lipstick, makeup mata, atau pemakaian biasa di kulit.

“Selalu bersihkan lagi dengan remover seperti milk cleanser, lalu lanjut dengan facial wash. Kalau pakai di bibir, bersihkan lagi sebelum tidur, atau bangun tidur, sampai benar-benar hilang supaya nggak menutup kulit bibir,”

Semoga membantu, ya. Bagi kamu yang pingin ngestok Vaseline Repairing Jelly, bisa kamu beli langsung di supermarket, drugstore, bahkan Indomaret, dalam ukuran 50 ml dan 100 ml.