Minyak Kelapa Sebagai Makeup Remover

Mau coba DIY populer minyak kelapa sebagai makeup remover? Perhatikan beberapa hal berikut ini. ya.

Minyak kelapa bisa dibilang menjadi salah satu minyak yang paling banyak manfaatnya. Selain bisa digunakan untuk masak, minyak ini juga bagus banget lho, untuk menjaga kelembapan kulit, rambut atau digunakan sebagai pembersih makeup.

Apa sih kehebatan dari minyak kelapa? Di dalam minyak kelapa banyak kandungan  lauric acid yang berguna sebagai anti bakteri, anti jamur, dan anti mikroba. Dan tentunya minyak ini kaya akan antioksidan seperti vitamin E dan A , yang bagus banget untuk menjaga kondisi kulit dan melawan tanda penuaan.

Setelah membaca penjelasan tentang minyak kelapa dari artikel “Single Ingredient Oil Series: Khasiat Minyak Kelapa untuk Kulit” yang ditulis oleh Mbak Amal, minggu lalu saya memutuskan untuk menggunakan minyak kelapa sebagai first cleanser. Sebenernya mau mencoba ini sudah lama banget, cuman kemarin kan masih banyak jerawat aktif di wajah, jadi saya takut coba produk yang aneh-aneh di wajah. Plus saya juga sempat takut kalau menggunakan minyak kelapa sebagai first cleanser bisa menyumbat pori-pori.

Minyak Kelapa Amankah untuk Wajah Jerawat?

Karena kondisi sudah jauh membaik, akhirnya saya memberanikan diri untuk mencoba membersihkan wajah dengan menggunakan minyak kelapa. Untuk brand minyak kelapa yang saya pilih adalah Be Nevicio, karena kemasannya yang kecil, jadi in case kalo nggak cocok ya, nggak terlalu mubazir gitu. Alasan lainnya, karena minyak kelapa ini wangi pandan, hehe.

Dari tekstur ya, kurang lebih sama seperti cleansing oil sih. Teksturnya cair, tapi enak banget untuk dipakai dan untuk memijat wajah. Yang saya notice pas pertamakali menggunakan cleansing oil ini langsung mengangkat makeup! Lebih cepet dan ampuh ngebersihin makeup dibandingkan dengan cleansing butter atau cleansing oil lainnya yang pernah saya coba! Cara saya membilas minyak kelapa ini, saya samakan seperti membersihkan cleansing butter yaitu langsung dibilas dengan air dan dilanjutkan dengan menggunakan second cleanser.

Minyak Kelapa Amankah untuk Wajah Jerawat?-2

Nah, ini sudah tiga hari saya membersihkan wajah dengan minyak kelapa. Rasanya setelah membersihkan wajah dengan minyak kepala ini, kulit jadi terasa lebih lembap dibandingkan biasanya. Tapi, saya perhatikan ada beberapa bruntusan kecil pada area rahang. Prediksi saya sih, ini diakibatkan karena saya nggak mengangkat sisa minyak kelapa dengan menggunakan handuk basah, jadi kayanya memang masih ada sisa molekul minyak yang tersisa di wajah.

Kalau kamu mau mencoba DIY ini, pastikan semua minyak terangkat dengan handuk dan air hangat, seperti metode oil cleansing. Karena minyak alami seperti ini berbeda dengan cleansing oil yang bisa terbilas sempurna dengan air. Dan, kulit berminyak atau gampang berjerawat sebaiknya jauhi minyak yang sangat tinggi lemaknya seperti minyak kelapa dan zaitun. If only my skin isn’t so picky, saya lebih memilih menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan wajah ketimbang cleansing butter.

Nah, kalau kamu sendiri gimana? Sudah coba metode ini?