Beda Vegan dan Cruelty Free Makeup

Banyak soal non-animal testing atau cruelty free makeup, sekalian yuk, bahas perbedaan dari Vegan dan Cruelty Free Makeup.

Bulan ini, Female Daily sudah beberapakali menulis artikel seputar cruelty free makeup dan juga alasan mengapa animal testing harus ditinggalkan. Saya secara personal, sudah mulai concern soal animal testing dan sangat nggak setuju sebenernya. Cuman sampai detik ini, saya masih menggunakan dan membeli beberapa brand yang masih menerapkan metode ini. One day, mungkin ketika opsi brand non animal testing lebih mudah dijangkau, mungkin saya akan langsung stop dan menjadi suporter terbesar kampanye non-animal testing.

Baca Juga: Masih Wajibkah Animal Testing dalam Uji Coba Kosmetik?

Nah, kalau ngomongin animal testing, biasanya dipasangkan dengan vegan makeup. Vegan makeup dan cruelty free makeup, sering banget disamain satu dan yang lainnya. Tapi sebenarnya keduanya lumayan berbeda, lho. Sebuah produk bisa dibilang cruelty free makeup tapi belum tentu vegan. Di luar sana, masih banyak banget nih yang bingung soal perbedaan keduanya. Nah, kali ini saya mau menjelaskan perbedaan keduanya.

xJqlfPcJ-vXnsbGpBnNB_NewbornBunny7Image Source: mymodernmet.com

Vegan Makeup
Sesuai namanya produk makeup yang vegan artinya tidak menggunakan bahan-bahan dasar yang berasal dari binatang, contohnya beeswax, susu, madu, lanolin atau collagen. Selain tidak menggunakan bahan dasar dari binatang, produk tersebut tidak boleh dicoba ke binatang sama sekali! So basically, kalau semua produk atau brand sudah menggunakan kata-kata 100% Vegan, artinya produk tersebut juga bisa dibilang cruelty free.

Itu kan kalau bahan makeup, lalu kalau brush makeup yang menggunakan bulu bintang gimana? Tentunya masuk dalam kategori non-vegan.

Baca Juga: Suka Binatang? Stop Pakai Produk dengan Bahan Silicon!

Cruelty Free Makeup-3Image Source: crueltyfreekitty.com

Cruelty Free
Jelas ya, kalau ini artinya tidak melakukan percobaan mulai dari bahan dasar, hingga produk jadi ke binatang. Namun, di dalam pembuatan produk cruelty free, masih bisa menggunakan bahan dasar yang berasal dari binatang. Bahan yang paling banyak ditemukan dalam produk makeup adalah beeswax, lanolin, madu dan susu. Yang penting dalam proses ini nggak ada binatang yang disiksa untuk menghasilkan sebuah produk. Kalau di dalam list-nya ada carmine artinya produk tersebut tidak cruelty free. Karena carmine, bahan pewarna merah, diambil dari rangka tubuh kumbang.

Jadi sekarang sudah cukup jelas ya, perbedaan antara cruelty free dan vegan makeup? Nah, sayangnya nih produk ataupun brand yang berlebelkan vegan masih sedikit. Yang full 100% vegan setahu saya hanya ELF Cosmetics dan Boho. Tapi kalau list brand yang cruelty free sudah lumayan panjang, contohnya The Body Shop, Milani, NYX Cosmetics, Kat Von D, Too Faced dan masih banyak lagi. Sebagian produk Kat Von D sudah vegan juga sebenarnya. Gimana sih bisa tahunya produk tersebut cruelty free atau vegan? Cara mudahnya adalah dengan rajin baca ingredient list yang ada pada setiap kemasan :).

Nah, kalau kamu gimana? Sudah mulai menyortir produk-produk makeup yang cruelty free, atau masih cuek dengan hal seperti ini? Let us know in the comment section below!