Azelaic Acid, Alternatif AHA-BHA untuk Jerawat

Weekend kemarin, video rekomendasi produk-produk The Ordinary baru aja naik di Youtube channel FD. Dari sembilan produk yang disebut, ada satu produk yang mengandung azelaic acid, bahan eksfoliasi yang bagus untuk jerawat tapi masih jarang dibahas. 

Berbeda dengan AHA (glycolic acid) dan BHA (salicylic acid) yang memang banyak dikenal bisa membantu kulit berjerawat, azelaic acid masih belum terlalu populer sebagai mass products karena masih dijual melalui resep untuk pasien rosacea. Karena itu, banyak yang menggunakan bahan azelaic acid untuk mengurangi kemerahan di kulit. Dikenal dengan fungsi anti-bacterial dan anti-inflammation-nya, azelaic acid dianggap sebagai produk eksfoliasi alternatif yang nggak hanya bisa mengurangi jerawat, tetapi juga memudarkan bekasnya.

Lihat juga: Eksfoliasi Manual di Kulit Berjerawat: Aman atau Tidak?

Sebagai asam yang diambil dari biji-bijian gandum, azelaic acid adalah natural exfoliator yang cara kerjanya adalah mengontrol produksi sel kulit supaya nggak menumpuk dan menyumbat pori-pori. Sama seperti benzoyl peroxide, azelaic acid juga membantu membunuh bakteri p.acnes penyebab jerawat, tapi dengan minimal efek samping kulit kering atau mengelupas seperti yang biasa dialami dengan benzoyl peroxide.

-font-b-Azelaic-b-font-font-b-Acid-b-font-10-Acne-Rosacea-Age-Spots-side

Dengan pemakaian teratur, azelaic acid juga bisa membantu menyamarkan noda bekas jerawat atau PIH dengan cara menargetkan produksi pigmen berlebihan tanpa mengganggu produksi pigmen normal di kulit. Azelaic acid bisa digunakan untuk semua kulit, bahkan kulit sensitif sekalipun.

Tapi, seperti halnya produk acids pada umumnya, reaksi di kulit orang berbeda-beda, dan efek samping yang biasa dialami dengan azelaic acid adalah rasa gatal dan kemerahan. Remember the rule of thumb? Saat mencoba skincare baru, terutama yang kandungannya cukup kuat seperti acids, jangan langsung dipakai setiap hari, tapi diseling dua atau tiga hari sembari melihat bagaimana kulit kita merespon.

Kalau kamu pernah mengalami iritasi dengan glycolic acid atau salicylic acid, produk dengan azelaic acid bisa jadi alternatif lain untuk dicoba. Kuncinya yang penting sabar, karena kulit biasanya baru regenereasi setelah satu bulan pemakaian rutin. Jangan lupa juga untuk selalu ingat pakai sunscreen setiap memakai produk-produk eksfoliasi.

Ada yang pernah sukses mengurangi jerawat atau bekas jerawatnya dengan azelaic acid? Share pengalaman kamu di bawah, ya!