Skincare Dengan Ekstrak Bunga Ini Bisa Haluskan Kulit

Berapa banyak produk skincare kamu yang mengandung ekstrak bunga di dalamnya?

Bahan-bahan natural memang punya banyak banget manfaat bagi kulit. Entah itu ekstrak daunnya, minyaknya, atau bahkan kelopak bunganya sendiri, masing-masing punya manfaat saat digunakan untuk skincare. Meskipun risiko iritasinya sama aja dengan bahan-bahan sintetis, tetapi skincare dengan bahan natural masih dianggap sebagai pilihan yang lebih “aman”.

Berhubung saya udah pernah mengalami reaksi kulit nggak cocok dengan skincare yang ingredients-nya dominan natural ataupun sintetis, tapi kalau kulit lagi breakout atau iritasi, I find myself rotating towards skincare that includes natural soothing ingredients. Beberapa ekstrak bunga di bawah ini di antaranya!

Mawar

Dari mulai skincare lokal, Korea, sampai Prancis, ekstrak mawar banyak banget digunakan karena fungsinya yang bisa menenangkan dan meredakan kulit yang iritasi. Ekstrak mawar cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat karena juga mengandung anti-microbial properties, vitamin A dan E yang baik untuk anti-aging, serta mengurangi inflamasi.

Lihat: The Ordinary Rosehip Seed Oil Bikin Muka Glowing

Chamomile

Nggak cuma populer daun tehnya, tetapi skincare yang mengandung ekstrak chamomile juga direkomendasikan untuk kulit yang kemerahan akibat iritasi, over-exfoliation, bahkan eksim. Selain wanginya yang menenangkan, chamomile juga merupakan salah satu sumber antioksidan terkuat. Produk dengan chamomile favorit saya? Sukin Hydrating Mist Toner!

Lihat: Review Sukin Sensitive Calming Night Cream di Kulit Berjerawat

ekstrak bunga featureLotus

Banyak digunakan dalam skincare Korea, lotus flower terkenal akan kandungan vitamin dan mineral yang bagus untuk menutrisi kulit. Lotus juga mengandung AHA natural yang bisa membantu mild exfoliation, protein untuk menguatkan lapisan kulit, serta mengontrol minyak dan mengurangi tampilan pori-pori besar.

Hibiscus

Sama seperti ekstrak bunga lotus, hibiscus juga merupakan sumber AHA natural yang gentle untuk dipakai di kulit sensitif. Sembari eksfoliasi, hibiscus bisa membantu meningkatkan kelembapan dan tingkat elastisitas kulit.

Lihat: Herbivore Botanicals Rose Hibiscus Hydrating Face Mist

Orchid

Ekstrak bunga anggrek biasa digunakan untuk rangkaian skincare anti-aging yang fokus pada kelembapan. Selain itu, ekstrak bunga anggrek juga dikenal dengan fungsi rejuvenating dan mencegah kulit dari garis halus ataupun kerutan.

Lihat: Innisfree Orchid Eye Cream

Apakah kamu termasuk orang yang banyak menggunakan produk dengan plant extracts di dalamnya? Kalau iya, ekstrak tanaman apa yang biasanya kamu cari? Share di bawah, ya!