DIY Makeup Remover Alami

Kita bisa membuat sendiri DIY makeup remover alami dengan cara yang mudah, cepat dan nggak mahal.

Extra virgin olive oil atau carier oil lainnya, sering dijadikan sebagai pengganti makeup remover. Karena memang minyak-minyakan tersebut terbukti mampu membersihkan makeup waterproof dalam sekali usap, nggak bikin kulit perih/ iritasi, dan tentunya alami. Kita nggak perlu khawatir dengan kandungan alkohol, pewangi, pengawet dan kandungan-kandungan lain yang sebenarnya nggak bermanfaat untuk kulit kita.

Tapi saya sendiri nggak suka menggunakan EVOO sebagai makeup remover secara langsung. Selain terlalu berminyak dan nggak nyaman di kulit, EVOO yang diusapkan langsung untuk membersihkan eye makeup selalu bikin mata saya pedas dan pedih. Tadinya saya pikir cuma saya saja yang mengalami mata pedih karena menggunakan EVOO sebagai pembersih makeup, tapi ternyata lumayan banyak juga lho yang mempunyai keluhan serupa.

Baca juga: 4 Makeup Remover Bagus dari Drugstore & High-End

DIY Makeup Remover (3)

Tapi ternyata, ada cara lain agar EVOO ini bisa digunakan sebagai eye & lip makeup remover. Caranya cukup simpel dan mudah. Bahkan saya yang nggak hobi meracik DIY skincare pun sama sekali nggak merasa kerepotan dengan DIY makeup remover yang satu ini.

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

Extra virgin olive oil

Air bersih (saya pakai air mineral)

Botol kosong

EVOO bisa diganti dengan minyak alami lainnya. Saya dulu suka membuat DIY makeup remover ini dengan menggunakan rice brand oil atau grapessed oil, yang bisa jadi alternatif untuk kulit clog/ acne prone.

DIY Makeup Remover (4)

Cara membuatnya sangat mudah. Cukup tuangkan air mineral dan EVOO ke dalam botol kosong yang telah dipersiapkan tadi. Saya memakai perbandingan 4:1 untuk air dan EVOO. Bila dirasa masih terlalu berminyak, EVOO-nya bisa dikurangi. Bila dirasa masih susah untuk membersihkan waterproof makeup, EVOO-nya bisa ditambahkan.

Minyak dan air di dalam botol memang akan terpisah, nggak bisa tercampur. Jadi DIY makeup remover ini harus dikocok dulu sesaat sebelum digunakan. Buat saya nggak masalah sih, karena eye & lip makeup remover yang ada di pasaran rata-rata juga harus dikocok terlebih dahulu sebelum digunakan.

DIY Makeup Remover (1)

Pada foto di atas, saya menggunakan DIY makeup remover ini untuk menghapus beberapa waterproof makeup yang saya swatch tebal-tebal di tangan. Makeup yang saya swatch adalah: Mizzu Valipcious Velvet Matte, Colourpop Ultra Matte Lip, Wardah Exclusive Matte Lip Cream, LT Pro Smooth Corector Creme Foundation, QL Eyebrow Cream, dan Pixy Bold to Last Gel Eyeliner. Perlu empat kali usapan lembut sampai semua makeup tersebut terangkat sempurna dan kulit tangan saya bersih kembali. Yang paling susah dihilangkan adalah Pixy Bold to Last Gel Eyeliner, kapasnya perlu didiamkan lebih lama.

Saya juga mencoba menghapus makeup-makeup tersebut dengan Pixy Eye & Lip Makeup Remover. Dan hasilnya sama saja dengan DIY Makeup Remover saya. Perlu empat sampai lima kali usapan lembut sampai seluruh makeup tersebut terangkat sempurna.

Ketika digunakan di area sekitar mata dan bibir, DIY makeup remover ini mampu bekerja dengan baik dan nggak terasa pedih di mata. Karena harganya juga nggak mahal, saya pun memakai DIY makeup remover ini untuk menghapus seluruh makeup di wajah, bukan hanya yang di sekitar mata dan bibir. Dan aman-aman saja kok., karena memang tidak mengandung alkohol, pewangi, pengawet, dan kandungan-kandungan lain yang ungkin bisa berbahaya dan mengiritasi kulit. Malahan DIY makeup remover ini terasa lebih lembut dari micellar water yang biasa saya pakai.

Walau menggunakan EVOO, tapi nggak ada rasa greasy atau berminyak sama sekali setelah menggunakan DIY makeup remover ini. Rasanya benar-benar seperti menggunakan eye & lip makeup remover saya yang biasanya. Wajah terasa bersih, lembap, namun nggak berminyak sama sekali.

Tertarik membuat DIY Makeup Remover ini?