Skincare Routine Korea Versi Singkat

Mau mencoba 10 Step Korean Skincare Routine tapi takut karena punya kulit yang reaktif? Mungkin kamu bisa coba versi “singkat”-nya berikut ini.

Saya adalah salah satu orang yang paling mupeng kepingin bisa sukses menjalani 10-Step Korean Skincare Routine. Selain karena terlihat keren terbukti efektif di beberapa orang, bisa mix and match berbagai macam produk kelihatan sangat seru buat saya. Kita jadi tahu berbagai macam ingredients, cara kerja kulit, dan tentunya mengeksplor segala macam produk yang ada di luar sana.

Tapi, apa mau dikata kalau kulit sensitif dan gampang jerawatan. Tumpuk produk sedikit, pasti muncul bruntusan atau jerawat-jerawat kecil. Se-mupeng-mupengnya kita ingin coba ini-itu, pada akhirnya memang harus kembali lagi ke apa yang dibutuhkan dan bisa ditoleransi oleh kulit kita. In my case, use products wisely and keep it minimal as possible.

Kalau kamu punya kulit sensitif atau simply memang nggak mau punya skincare routine Korea yang terlalu panjang, ini cara yang bisa dilakukan:

img_2585Source

Hidrasi Secukupnya

Fokus dari 10-Step Korean skincare routine adalah di hidrasi dengan cara menumpuk hydrating toner, essence, dan juga sheet mask. Kalau kulit kamu cenderung berminyak atau memang nggak bisa dipakaikan banyak produk, cara memangkasnya gampang aja, tinggal pilih salah satu. Selama ada kandungan yang bisa melembapkan kulit setelah proses cleansing, any hydrating toner or essence will do. Sheet mask-nya disimpan kalau lagi ada waktu santai pas weekend aja :)

Gunakan Physical Exfoliator

Saat menggunakan exfoliating toner, sebaiknya harus diikuti dengan hydrating toner lagi supaya kulit yang habis dieksfoliasi jadi nggak berasa terlalu kering. If double toning is too much for you, then simply use manual exfoliators like konjac sponge or cleansing brush. Tapi jangan lupa, semua jenis eksfoliasi membutuhkan pelembap setelahnya dan SPF di pagi hari, jadi tetap jangan skip dua produk itu, ya.

Baca juga: Ketika Nggak Cocok Skincare Korea

Skip Eye Cream

Ada dua jenis manusia di dunia ini, satu adalah yang merasa butuh produk terpisah untuk eye treatment, dan satu lagi adalah yang merasa bahwa pelembap wajah pun bisa dipakai untuk eye treatment. Kalau kamu termasuk orang yang selalu memakai pelembap biasa di area mata dan baik-baik saja, mungkin artinya kamu nggak butuh eye cream terpisah. Teorinya adalah, kalau pelembap yang kamu pakai sudah cukup gentle dan moisturizing untuk kulit, harusnya aman-aman aja untuk daerah mata juga. Beda halnya kalau memang daerah mata kamu lebih kering dari kulit sehingga butuh eye cream yang lebih rich.

So, dari 10 step routine (oil cleanser (opsional di pagi hari)water-based cleanser - exfoliating toner - hydrating toneressenceserumsheet mask (opsional di pagi hari) – eye cream - moisturizer - SPF (pagi hari)), setelah dipangkas jadilah 6-step routine (oil cleanser (opsional) – water-based cleanser – exfoliator – hydrating toner – serum (kalau diperlukan) – SPF)

Kamu sendiri mau ngikutin yang mana? The ultimate 10-step or the simplified steps? :D Share di comments ya!