Kulit Bersih Berkat Bakteri Ini

Kulit bersih berkat bakteri? Bisa, dong. Tapi, bakterinya adalah bakteri “baik” atau yang biasa disebut probiotik!

Probiotik adalah adalah mikroorganisme atau kumpulan bakteri yang ada di dalam tubuh kita dan membantu melawan berbagai penyakit. Hampir 90% dari tubuh kita terdiri dari bakteri, baik bakteri buruk maupun bakteri baik. Ketika salah satu jenis bakteri ini dominan di antara yang lainnya, bakteri p.acnes misalnya, maka jerawat akan timbul.

Merawat kulit dengan probiotik bisa dilakukan dengan cara dikonsumsi ataupun dipakai secara topikal, dan kedua opsi inipun sudah banyak banget jenis-jenis produknya. Mengonsumsi makanan dan minuman probiotik seperti susu kefir, kombucha, atau yogurt bisa membantu menyeimbangkan bakteri di usus dan meredakan inflamasi. Sedangkan memakai skincare dengan probiotik (biasa diambil dari susu atau yogurt) bisa menenangkan kulit dan mengembalikan kestabilan kulit.

Yang dimaksud dengan mengembalikan kestabilan kulit antara lain adalah memperbaiki moisture barrier, mempertahankan elastisitas dan juga menjaga kadar air supaya kulit tetap terhidrasi. Seperti yang kita tahu, moisture barrier kulit adalah tempatnya sel kulit sehat dan pelembap alami kulit atau yang biasa disebut NMF (natural moisturizing factor). Tapi, seiring dengan berjalannya waktu, moisture barrier ini seringkali nggak berfungsi dengan baik karena faktor tidak seimbangnya pH kulit, produksi sebum yang berlebihan, dan kurangnya hidrasi. Semua itu bisa dari faktor hormonal, lifestyle, dan skincare yang dipakai.

Sering menggunakan sabun cuci muka atau toner yang terlalu “keras”, maka moisture barrier kulit bisa terganggu. Jika moisture barrier, pH kulit, sebum, dan hidrasi kulit semua seimbang, kulit pun akan dengan mudah “melindungi” dan menyembuhkan dirinya sendiri, baik itu dari external agressors seperti polusi dan debu, sampai bakteri jerawat. Probiotik, yang kaya akan kandungan acid seperti lactic acid atau hyaluronic acid memiliki fungsi anti-microbial dan bisa memberikan nutrisi untuk kulit.

Aurelia-Probiotic-Skincare-Group-ShotSource

 

Di luar negeri, probiotic skincare berada di spektrum luxury skincare karena bahan-bahannya yang dikembangkan secara organik dan diolah dengan teknologi mahir pula. Sebuah tren yang terhitung masih berkembang, tapi sangat menjanjikan, apalagi dengan naiknya ‘clean beauty’ awareness di skincare industry. Di Indonesia, salah satu probiotic skincare yang banyak digunakan orang adalah masker kefir, yang meskipun bukan tanpa kritik, tetapi terbukti banyak membantu menyelesaikan masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, dan lain-lain. Sebuah studi pun menyimpulkan, walaupun sudah teruji bisa memberikan banyak manfaat bagi kulit, dibutuhkan lagi studi lebih lanjut untuk menentukan apakah probiotik benar-benar merupakan pilihan paling efektif untuk perawatan kulit.

Ada pengguna probiotic skincare juga di sini? Berhasil nggak di kamu?