Rekomendasi Sabun untuk kulit Sensitif

Kulit kering karena menggunakan sabun dengan bahan dasar SLS? Berikut rekomendasi sabun untuk kulit sensitif

Belakangan ini saya mulai picky soal produk perawatan kulit baik badan atau pun wajah. Punya kulit sensitif, bikin saya nggak bisa sembarangan pakai produk karena ada satu bahan yang harsh seperti alkohol atau antiseptik saja bisa bikin kulit saya kering sampai terkelupas. Makanya sabun mandi mainstream seperti Lifebuoy atau Detol harus saya hindari, karena kulit saya nggak bisa terkena bahan anti bakteri di dalamnya.

Sabun dengan kadar SLS atau SLES tinggi pun nggak bisa bersentuhan sama kulit saya, khususnya telapak tangan. Menggunakan sabun dengan bahan SLS tinggi selama dua atau tiga hari berturut-turut, pasti nggak lama kulit telapak tangan saya akan mulai kering, mengelupas sampai berdarah.

Jadi kalau kamu punya kulit sensitif atau merasa kulit selalu kering sehabis mandi atau cuci tangan, cari deh sabun yang nggak banyak menghasilkan busa. Sabun yang bisa menghasilkan busa banyak artinya kandungan SLS di dalamnya sangat tinggi. Terus cari sabun dengan kandungan pelembap yang tinggi, misalnya kaya akan vitamin E, vitamin B5 atauĀ seperti The Body Shop Almond Milk and Honey.

Nah, in case kamu punya permasalahan kulit yang sama seperti saya, berikut rekomendasi sabun yang aman bisa kamu gunakan:

soap

Sabun Bayi
The perks menjadi seorang tante adalah bisa nyoba-nyobain beberapa sabun bayi. Nah, sabun bayi kan biasanya busa-nya sangat sedikit, beda sama sabun orang dewasa yang busanya berlimpah. Jadi, sabun bayi yang cocok untuk kulit saya adalah Zwitsal Baby Bath yang wanginya minyak telon, dan Sebamed Baby Bubble Bath. So far, kedua sabun ini aman dipakai di kulit saya yang sentisif. Setelah pemakaian pun kulit tetap terasa lembut dan lembap, beda sama sabun-sabun cair lainnya yang pernah saya coba.

 

Rekomendasi Sabun untuk kulit Sensitif-2Image: instagram.com/thesoapcorner

Natural Based Soap
Sabun dengan natural base maksud saya di sini (contohnya) adalah yang bahan utamanya oil sepertiĀ olive oil, dan kaya akan vitamin, seperti rangkaian sabun dari The Soap Corner. Not the best scented soap at all, tapi sabun ini cukup ampuh untuk bikin kulit kering jadi lembap dan nggak mengalami pecah-pecah sama sekali. Ketika digunakan memang sabun ini menghasilkan busa, tapi jumlah busa yang dihasilkan sangat sedikit dan beda sama busa SLS yang biasa kita temukan di sabun cair atau batangan yang ada di pasaran