Perawatan Kulit Pasca Mudik

Dari mata panda sampai jerawat, setelah pulang dari liburan, kulit pasti banyak bermasalah. Perawatan kulit ini bisa membantu kamu!

Kalau mudik atau berlibur di luar kota, rasanya pasti in holiday mood banget ya? Saya sendiri sampai malas melakukan skincare routine sama sekali, padahal biasanya di rumah bisa mencapai sepuluh langkah dengan produk yang berbeda-beda. Packing skincare di koper saja kadang bingung, apalagi karena kemasan produk-produk ini biasanya bulky, jadi akhirnya skip skincare deh selama liburan. Well, I had to learn it the hard way, but that’s a huge mistake!

Baca juga: Skincare untuk Traveling Minim Namun Efektif

Setelah balik dari liburan, kulit yang sudah dicuekin pasti akan mulai muncul berbagai masalah. Yikes! Berikut adalah empat masalah utama yang sering terjadi pada kulit yang sudah “ngamuk” setelah travelling, dan cara mengatasinya:

Mata Panda

You know you’re having a good holiday when you don’t get enough sleep! biggrin Biasanya, berkumpul bersama keluarga atau nongkrong bareng teman-teman di tempat yang baru kan bisa sampai malam banget. Karena tidur terlalu lama itu adalah salah satu “pantangan” kalau sedang travelling, keesokan harinya juga pasti harus bangun pagi-pagi. Alhasil, mata panda akan menjadi pendamping setia selama liburan.

skincare travelling 1Untuk mengatasi mata panda, caranya bukan hanya mendapatkan cukup tidur (kalau bisa, saya biasanya tidur 12 jam untuk “menebus” waktu tidur yang kurang), saya juga suka menggunakan eye masks yang ada fungsi mencerahkan under eye. Daripada menggunakan sepuluh layer concealer, lebih baik menggunakan eye patches yang dapat mengatasi puffiness atau mata panda, and they’re also super relaxing!

Kulit Dehidrasi

Entah itu karena faktor cuaca atau berada di dalam pesawat terlalu lama, kulit dehidrasi adalah salah satu masalah yang paling common setelah berlibur. Salah satu cara saya mengatasi kulit dehidrasi adalah dengan minum banyak air dan menggunakan hydrating sheet masks. Bukan hanya mendapatkan instant hydration, alasan saya memilih sheet masks daripada moisturizer atau face mists adalah karena dapat dipakai di dalam pesawat, jadi tidak perlu menunggu sampai pulang rumah sebelum bisa mengatasi kulit dehidrasi.

Baca juga: 5 Korean Sheet Masks yang Harus Kamu Coba

Jerawatan

Cuaca ekstrim, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berminyak selama liburan, ataupun stress dari ketinggalan passport bisa memicu jerawat di kulit. Untuk spot treatment yang praktis dan bisa dibawa selama travelling ataupun ke dalam pesawat, cobalah COSRX Acne Pimple Master Patch, plaster yang dapat mencegah jerawat tambah parah. Setelah pulang ke rumah, baru lanjutkan lagi dengan skincare routine biasa. One little tip: Jangan lupa untuk menggunakan spot treatment yang mengandung BHA untuk membersihkan pori-pori secara maksimal!

Baca juga: FD Little Notes: Semua Hal Tentang Jerawat

Kulit terbakar

Mungkin dikarenakan sunscreen yang kurang efektif, atau warna kulit yang terang, tapi kalau kulit sempat terbakar selama liburan, gunakan produk after-sun care seperti Banana Boat Soothing Aloe After Sun Gel selama beberapa hari untuk menenangkan kulit dan mengembalikan kelembapan yang telah hilang. Setelahnya, saya juga suka menambahkan Vitamin C ke dalam skincare routine untuk membantu memperbaiki kerusakan kulit (seperti munculnya flek hitam) akibat paparan sinar matahari.

skincare post travelNah, itulah beberapa tips skincare dari saya untuk mengatasi masalah-masalah kulit setelah travelling. Walaupun kulit kamu mungkin terlihat oke-oke saja, saya masih akan sarankan untuk menuangkan waktu lebih untuk pampering kulit setelah pulang dari liburan. Mulai dari eksfoliasi kulit, memberikan extra hydration, sampai memilih makanan yang lebih sehat, basically, will give your skin back the attention it deserves! smile