Facialist The Body Shop: “Jangan Takut Pakai Face Oil!”

Apa iya rumus kulit sehat 70%-nya dari makanan yang kita makan dan peran skincare hanyalah sekitar 30%? Vanda Serrador, Facialist & Skincare Expert dari The Body Shop membantu menjawab pertanyaan ini buat saya. 

Vanda sendiri adalah owner dari Urban Skin, beauty clinic di London yang menyediakan jasa facial dengan minyak alami hasil racikan Vanda sendiri. Bocoran dari tim The Body Shop Indonesia, katanya setelah facial di Urban Skin, baru satu kali pertemuan pun bisa kelihatan perbedaan kulitnya di foto before-after! Ini karena Vanda nggak hanya memijat wajah dengan teknik khusus, tetapi racikan oil-nya yang sangat customized itu benar-benar bisa membantu masalah kulit yang berbeda-beda.

Alasan Vanda menggunakan plant-based oil sebagai bahan utama untuk perawatan kulit adalah karena waktu remaja dulu, Vanda sempat mengalami kecelakaan mobil yang meninggalkan luka di kulit wajahnya. Dari sang ibu, Vanda pun belajar untuk menggunakan oil untuk menyamarkan bekas lukanya sampai akhirnya bekas luka tersebut bisa hilang sama sekali. Sejak saat itu, Vanda fokus belajar tentang peran face oil untuk menutrisi dan menyembuhkan masalah kulit.

Kenapa face oil dianggap sebagai salah satu skincare paling penting?

“Yang perlu dimengerti soal penggunaan plant-based oils adalah fungsinya yang memberikan nutrisi yang hilang dari kulit kita. Semakin bertambah usia, produksi minyak alami di kulit semakin berkurang dan kulit jadi lebih lambat untuk self-healing. Plant-based oils sudah digunakan ratusan tahun untuk menyembuhkan masalah kulit sekaligus memberikan vitamin yang dibutuhkan kulit.”

SAMSUNG CAMERA PICTURESJadi kulit berminyak pun sebenarnya bisa-bisa aja pakai face oil ya, Vanda?

“Pastinya! Kalau memang takut, pakai sedikit aja. Dicampur ke pelembap, foundation, atau bahkan masker pun nggak apa-apa. Oil itu sama aja kok kayak produk skincare lain, kalau dipakai kebanyakan ya tentu bisa bikin jerawatan. Jadi sebelum pakai oil, cari tahu dulu yang dibutuhkan kulit kita itu apa. Nourishing? Purifying? Calming? Rejuvenating? Setelah itu baru sesuaikan dengan jenis kulit. Ada oil yang teksturnya light, ada yang memang agak thick. Cari mana yang cocok untuk kita.”

Gimana pengaplikasian face oil yang paling tepat? Ditetes langsung di kulit atau dihangatkan dulu di tangan?

“Sejujurnya, nggak ada cara yang sama untuk semua orang. Saya pribadi lebih suka mengaplikasikan dengan dituang dulu di telapak tangan, hangatkan sedikit kemudian baru ditempel lembut ke kulit. Saya sangat percaya bahwa cara kita mengaplikasikan produk membantu mereka bekerja lebih baik. Gerakan tangan yang tenang dan lembut akan merelaksasi kulit dibanding memakai dengan cara diusap keras-keras atau terburu-buru. Tapi kalaupun kamu nggak suka dituang langsung ke tangan, bisa teteskan satu drop aja langsung di kulit. Just choose the best way that won’t overwhelm your skin.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Produk terbaru The Body Shop yang akan masuk Indonesia akhir tahun ini: Japanese Matcha Tea Pollution Clearing Mask!

Vanda, bener nggak sih mitos yang mengatakan kalau kulit sehat itu faktornya karena 70% dari makanan dan skincare hanya 30%?

“Hmm.. Saya sih nggak akan spesifik bilang berapa persennya, tapi kenyataannya faktor terbesar yang mempengaruhi kondisi kulit seseorang adalah faktor genetik. Tapi, ada tapinya, ya, bahkan gen yang bagus pun bisa ‘diganggu’ dengan lifestyle yang nggak sehat. Jarang merawat muka, terlalu banyak merokok, stress, atau nggak jaga makan bisa banget bikin kulit kita yang sebenarnya gennya udah bagus jadi bermasalah. Seorang ibu bisa aja punya kulit yang bagus, tapi kalau anaknya menjalani pola hidup yang sama sekali berbeda ya kondisi kulitnya bisa berubah drastis.”

Tips skincare utama dari Vanda?

It’s all about conciously knowing why you’re doing what you’re doing. Kenapa pakai produk ini? Pas nggak dengan yang ‘diminta’ oleh kulit kita? Jangan lupakan juga faktor-faktor lain seperti makan sehat dan rutin olahraga. Semua itu berperan penting untuk mendapatkan kulit yang sehat.”