3 Body Lotion Seampuh Body Butter untuk Kulit Kering

Punya kulit kering, bukan berarti nggak bisa pakai body lotion dengan tekstur yang nyaman dan gampang menyerap ke kulit. Karena ada kok body lotion yang nyaman dipakai sekaligus mampu melembapkan kulit.

Saya punya jenis kulit badan yang sangat kering. Kalau salah pakai sabun mandi atau body lotion, pasti kulit saya langsung kekeringan parah. Body lotion kebanyakan yang dijual di supermarket-supermarket juga nggak nampol untuk mengatasi kulit kering saya, baru dioles setengah jam yang lalu, kulit saya sudah terasa kering dan bersisik. Bahkan kalau sudah saking keringnya, kulit saya biasanya akan gatal-gatal.

Baca juga: Plus Minus Body Lotion Berbentuk Spray

Namun walau kulit saya sekering itu, tapi saya nggak terlalu betah memakai body butter. Menurut saya body butter itu sangat lengket, susah menyerap, licin, gerah, dan susah di-spread ke kulit. Lalu kebanyakan body butter juga dikemas dalam bentuk jar, yang menurut saya kurang praktis dan higienis. Saya lebih memilih memakai body lotion yang formulanya benar-benar melembapkan kulit, dari pada memakai body butter. Dan body lotion yang saya pakai tersebut barulah benar-benar melembapkan kulit, tahan lama daya melembapkannya, namun juga cepat meresap dan nggak lengket. Beruntungnya saya menemukan body lotion dengan kriteria-kriteria yang saya harapkan tersebut.

lotion kering (2)

Carmed Ultimate Essence Moisturizing Lotion

Saya menemukan body lotion ini secara nggak sengaja. Jadi saya mendadak mengalami kulit kering dan gatal-gatal hebat, saat saya sedang ada acara di luar kota. Kebetulan saya nggak menginap, jadi nggak kepikiran untuk membawa body lotion saat itu. Akhirnya saya mampir ke Watsons dan membeli body lotion ini. Saya awalnya tertarik membeli Carmed Moisturising Lotion ini karena klaim dry skin treantment dan non-greasy formula pada kemasannya.

Body lotion ini memiliki tekstur agak cair dan memang cepat menyerap ke kulit. Lalu body lotion ini juga fragrance free, yang membuatnya mudah dipadukan dengan parfum aroma apa saja. Harganya sangat terjangkau, sekitar Rp45.000,- saja. Kemasannya juga kecil dan sangat ringkas, jadi Carmed ini adalah body lotion yang paling sering saya bawa kemana-mana. Kekurangannya adalah body lotion ini kurang tahan bila terkena keringat. Tapi kalau buat saya sih ini masih bisa ditolerir.

The Body Shop Almond Milk & Honey Body Lotion

Saya suka banget sama body lotion ini! Aromanya manis, menyenangkan banget. Karena pemasalahan kulit saya, saya jarang sekali menemukan lotion dengan aroma enak, yang cocok untuk kulit saya. Makanya seneng banget rasanya ketika menemukan The Body Shop Almond Milk & Honey Body Lotion ini.

Body lotion ini memang diformulasikan untuk kulit kering dan sensitif. Teksturnya tidak terlalu kental dan benar-benar cepat meresap di kulit, tanpa menimbulkan rasa lengket atau greasy sedikitpun. Kelembapan dan aromanya mampu bertahan cukup lama di kulit saya. Body Lotion ini harganya Rp179.000,- dan mudah sekali di dapat di counter-counter The Body Shop di seluruh Indonesia. Sayangnya The Body Shop tidak merilis parfum untuk line produk yang ini, padahal aromanya enak sekali, lho!

Baca juga: Skincare Untuk Kulit Sensitif dan Ibu Hamil

Jergens Healthy Care Extra Dry Skin Moisturiser

Ini merupakan re-packaging dari Jergens Ultra Healing Extra Dry Skin Body Lotion. Untuk varian Ultra Healing, saya sudah nggak pernah menghitung lagi, entah sudah berapa botol yang saya habiskan. Sedangkan untuk yang Healthy Care atau kemasan baru ini, baru satu kali saya coba. Formulanya nyaris sama kok. Yang berbeda hanya aromanya. Kalau Jergens Ultra Healing nyaris nggak ada aromanya, walau terkadang tercium samar-samar bau obat, kalau varian Healthy Care ini mempunya aroma floral. Aromanya khas seperti aroma body lotion merek lokal zaman dulu, cuma yang ini lebih lembut. Saya kurang begitu suka dengan aroma yang baru ini.

Body lotion ini teksturnya kental, lebih kental dari dua body lotion yang saya mention sebelumnya, namun tidak sekental body butter. Lotion-nya mudah sekali diratakan di kulit, namun perlu menunggu waktu sedikit lebih lama agar lotion dapat menyerap dengan sempurna ke kulit tanpa ada residu ataupun rasa lengket. Tapi jangan khawatir, kalau sudah menyerap sempurna, body lotion ini nggak meninggalkan residu ataupun rasa lengket sama sekali. Beberapa member di Female Daily Forum mengatakan kalau body lotion ini kurang nyaman dipakai di siang hari, tapi kalau buat saya, nggak ada masalah memakai body lotion ini siang-siang. Tetap nyaman dan nggak lengket sih.

Body Lotion apa yang jadi favoritmu?