Beautypedia: Pink Clay untuk Eksfoliasi Gentle

Skincare berbahan dasar clay atau kaolin seringkali dipakai untuk mengurangi minyak di kulit dan membersihkan sel kulit mati. Berbeda jenis clay, berbeda juga kemampuan untuk menyerap minyaknya.

Salah satu jenis clay yang mulai banyak digunakan dalam produk skincare adalah pink clay, gabungan antara red and white clay yang warnanya bisa dibilang millenials pink :D. Brand natural Herbivore Botanicals punya rangkaian produk pelembap, sabun batangan, dan exfoliating mask berbahan dasar pink clay. Brand Korea Skin & Lab dan Aprilskin juga punya produk dengan pink clay, begitu juga dengan brand lokal Organic Supply Co yang menjual French pink clay buat kamu yang mungkin suka membuat masker DIY.

Lihat juga: Clay Mask Favorit untuk Kulit Berjerawat

Jadi, apa bedanya pink clay dengan produk clay populer lainnya seperti activated charcoalbentonite clay atau Moroccan clay?

pink clayLain dengan jenis-jenis clay di atas, pink clay yang biasa diambil dari Brazil atau Prancis ini memiliki kemampuan oil-absorbing yang medium, yang berarti bahwa pink clay cenderung aman dipakai di kulit sensitif. Buat pemilik kulit sensitif, pernah nggak ngerasain muka super cekat-cekit dan memerah setelah memakai clay mask berwarna gelap atau yang keabu-abuan? Pure clay tersebut bisa jadi terlalu agresif dan kemampuan menyerap minyaknya tinggi sehingga kurang bisa ditoleransi kulit sensitif.

Selain gentle di kulit, pink clay juga memiliki kandungan mineral yang banyak sekali manfaatnya bagi kulit yaitu kalsium, magnesium, silica, potassium, sodium, dan masih banyak lagi. Kalau kamu sering dengar kata “detox” diidentikkan dengan clay mask, ini karena gabungan mineral tersebut bekerja untuk menarik kotoran dari dalam kulit dan mengurangi inflamasi akibat bakteri. Entah itu bakteri jerawat ataupun bakteri yang kita dapat dari polusi dan debu.osc-pinkclay-460x460-side

Nah, kenapa pink clay jadi pilihan aman untuk kulit sensitif? Seperti yang dijelaskan di atas tadi, cara clay mask menarik toksin adalah dengan menyerap natural oils di kulit kita, jadi begitu natural oils yang terserap terlalu banyak, yang ada kulit jadi terlalu kering dan takutnya malah memicu inflamasi. Karena itu, banyak orang yang tetap memasukkan soothing ingredients seperti hydrosol, air mawar, ataupun aloe vera gel ke dalam DIY pink clay mask-nya. Kalau tekstur kaolinnya dirasa kurang tokcer untuk mengeksfoliasi, kamu bisa tambahkan oatmeal atau coffee grinds dalam racikannya.

Ada yang pernah maskeran dengan pink clay di sini? Bikin sendiri kah atau beli produk khusus? Share di bawah, ya!