FD Little Notes: Semua Tentang Concealer

Biar pun sudah menggunakan foundation full cover, kadang bekas jerawat dan hiperpigmentasi butuh bantuan dari concealer. Tapi concealer sendiri banyak jenisnya. Yuk cari tahu concealer mana yang tepat untuk kebutuhan kamu.

Sama hal seperti foundation, concealer sekarang pun makin banyak jenisnya. Ada yang untuk menutupi under eye, bekas jerawat dan juga untuk color correcting pada wajah. Apa sih yang membedakan ketiga jenis concealer ini? Yang membedakan ada pada tekstur dan juga warnanya. Kalau concealer untuk under eye biasanya bentuknya cair dan creamy, sedangkan concealer yang bentuknya padat dan dikemas dalam jar adalah concealer untuk menutupi bekas jerawat, luka, bahkan untuk menutupi tato.

Lihat juga: FD Little Notes: Semua Tentang Jerawat

Concealer seperti apa yang bagus untuk setiap permasalahan pada wajah? Untuk area under eye sebaiknya menggunakan concealer yang teksturnya cair dan tipis. Karena area under eye banyak garis halus, jadi kalau menggunakan concealer yang terlalu tebal bisa bikin makeup area mata menjadi creasing/ cakey. 

Sedangkan concealer yang teksturnya padat dan tebal lebih cocok digunakan untuk menutupi bekas-bekas jerawat atau noda hitam pada wajah. Biasanya concealer dengan tekstur seperti ini lebih pigmentasi dan cocok digunakan untuk special occasion saja. Takutnya kalau dipakai setiap hari bisa bikin clogging pori-pori.

FD Little Notes Semua Tentang Concealer

Kalau concealer yang masuk dalam kategori correcting biasanya berwarna ungu, kuning, oranye dan hijau. Fungsi concealer ini untuk menyamarkan masalah tone kulit tertentu. Misal, warna hijau kulit yang kemerahan seperti jerawat, oranye untuk under eye yang berwarna cokelat gelap, kuning dan ungu fungsinya untuk mencerahkan warna kulit kusam.

Lalu gimana cara memilih warna concealer yang tepat? Kalau untuk area under eye, kamu boleh memilih concealer yang warnanya satu tingkat lebih terang dari warna kulit kamu. Sedangkan untuk menutupi jerawat, pilih warna concealer yang sama dengan warna kulit kamu, atau satu atau dua warna yang lebih gelap untuk menutupi tekstur jerawat pada wajah.

Lihat juga: FD Little Notes: Semua Tentang Foundation

Itu sedikit info dasar mengenai concealer. Nah kalau kalian masih membutuhkan informasi, rekomendasi dan review beberapa produk concelear, simak blog posts FD berikut:

FD Little Notes Semua Tentang Concealer.jpg-2

Menggunakan Concealer
Tips Supaya Concealer Awet Seharian
Cara Menggunakan Concealer Under Eye yang Benar
Tips Menutupi Jerawat dengan Menggunakan Concealer
Cara Menggunakan Concealer Under Eye yang Bebas Creasing
Tips Memilih Concealer untuk Under Eye dan Jerawat
Cara Menggunakan Color Correcting Concealer
Tips Memilih Concealer untuk Kulit

CONCEALER 2

Rekomendasi Concealer Bagus

5 Rekomendasi Concealer untuk Mata Panda
3 Concealer untuk Kantung Mata Gelap
3 Concealer Bagus untuk Menutupi Jerawat
Rekomendasi Concealer Bagus di Bawah 100 Ribu
4 Concealer Bagus dari Drugstore

Review Produk Concealer

NARS Radiant Creamy Concealer
Maybelline Fit Me Concealer
Marc Jacobs Re(Marc)able Full Cover Concealer
N.Y.X Full Coverage Concealer
Revlon Color Stay Concealer
Sisley Phyto Cernes Eclat
Maybelline Dream Lumi  Touch Highlighting Concealer
Etude House Surprise Essence Concealer
Bourjois Healthy Mix Illuminating Concealer