Kebiasaan Buruk Ini Bisa Bikin Skincare Jamuran

Seumur-umur, saya baru pernah ngalamin sekali punya produk jamuran, yaitu spons makeup yang dengan bodohnya saya masukkan ziplock karena buru-buru saat beberes dan lupa dikeluarkan selama berhari-hari.

Duh, jangan tanya soal jamurnya. Persis seperti jamur di roti yang sudah basi, bintik-bintik hitam dan abu-abu yang langsung bikin merinding. Memasukkan spons basah-basah ke dalam tempat tertutup adalah dosa nomor dua yang bisa bikin spons kamu cepet jamuran, jadi buat saya lesson learned, nggak lagi ceroboh beres-beres tools sehabis makeup :)

Sama halnya dengan spons makeup yang memang harus steril setiap saat, produk skincare yang ada di kamar mandi pun nggak lepas dari ancaman jamur. Saya pribadi nggak bermasalah dengan adanya pengawet dalam skincare, karena secara teknis, semua produk yang mengandung air di dalamnya pasti akan berjamur hanya dalam hitungan minggu. Pengawetlah yang membantu menjaga produk-produk kita dari kontaminasi bakteri dan jamur. Jadi, selama kandungan pengawetnya masih dalam batas wajar, justru dia lebih membawa banyak manfaat kan.

Nah, kemarin ini saya baru aja ngeliat IG story @sortofobsessed yang posting tentang jamur di cleansing balm-nya. Ternyata, ini habit dia yang dicurigai bikin produknya jamuran:

moldYup, even our “clean fingers” might not be that clean after all!

Mencuci tangan sebelum memakai produk skincare yang ada di dalam jar memang wajib hukumnya, tapi jangan sampai usaha kita untuk lebih higienis malah jadi masalah. Kalau jari kita basah-basah langsung dipakai mencolek produk, tetesan airnya itu akan mengendap di dalam dan berpotensi tumbuh menjadi jamur. Apalagi kalau jarinya betul-betul basah sampai becek di atas produk. Tahu sendiri kan, kalau habitat jamur adalah tempat yang lembap dan tertutup. Ditambah kalau kuku kita panjang, resiko produk jadi semakin tinggi untuk terkontaminasi bakteri. So, hindari mencolek langsung produk langsung dengan tangan yang masih basah, apalagi dengan kuku panjang yang kotor!

Baca juga: 3 Produk Beauty yang Jarang Dibersihkan Namun Wajib

Dari dulu, kritik terhadap jar packaging memang masalah higienitas. Karena itu, banyak produk skincare Korea ataupun luxury yang sudah memasukkan spatula di dalamnya. Kalaupun memang skincare favorit yang kamu pakai nggak ada spatula di dalamnya, bisa pakai sendok plastik atau beli spatula terpisah supaya nggak harus colek-colek pakai tangan.

Ada yang pernah punya pengalaman produk jamuran?