Rasanya Jadi Influencer dengan Jerawat

Inner beauty dan gaya rambut jadi rahasia pede Verniece Enciso saat harus jadi influencer dengan masalah jerawat.

Sebagai editor di media beauty, dan tentunya beauty enthusiast, saya punya beberapa opini tentang beauty influencer. Di satu sisi tentu senang karena kehadiran influencers membuat semakin banyak referensi kecantikan yang relatable dan lebih “real”. Nggak kebayang deh kalau referensi beauty sekarang masih bertahan seperti zaman saya SD (beauty spread dan artikel majalah cetak dengan narsum pro MUA aja). Tapi di sisi lain, kadang meringis juga baca caption Instagram atau post terlalu bernada “ngiklan” dan template influencers.  Nggak semua tentunya, but you know ada lah yang begitu.

Bagaimanapun juga, I feel for them. Seperti kami di FD, yang harus rajin coba produk ini-itu, mana kita tahu kan kalau ada di antara influencers yang punya insecurities tertentu, atau bahkan masalah kulit yang bikin was-was setiap harus coba produk baru, or snap that money selfie. Padahal, muka mereka adalah bagian dari “branding” mereka. Contoh nyatanya adalah Verniece Enciso.

verniece-enciso-blog-2017

Hampir seminggu jalan bareng figure skater/ penulis/ blogger top Filipina dari vernandverniece.com ini bikin saya tahu rasanya jadi influencer dengan 250 ribu followers, dengan masalah jerawat.

Baca juga: Cerita Beauty Influencer 3 Negara

“Nggak tahu, pokoknya one day, jerawatnya keluar, dan nambah terus,” kata Verniece. Masalah jerawat dia pun on-off sampai sekitar setahun lamanya. Terus gimana dong, sama pekerjaannya sebagai blogger yang harus foto-foto? I wondered and asked the girl.

“Aku cuma bisa stress. Dandan pun jadi takut, takut bikin jerawat tambah parah. See, sampai sekarang aku jarang pakai blush, atau bronzer, karena masih parno,” lanjut Verniece.

Baru beberapa bulan terakhir wajah Verniece baikan, jauh malah improvement-nya. Rangkaian produk SK-II jadi penyelamat Vernice. Sejumlah produk yang dia pakai adalah SK-II Facial Treatment Essence dan Facial Treatment Clear Lotion. Ini bukan sponsored yaa, pure testimoni dari Verniece.

Baca juga: Inside FDHQ Cara Percaya Diri dengan Jerawat

Walau wajahnya udah jauh mendingan, dari jarak dekat, masih kelihatan banyak bekas jerawat PIH di dahi Verniece, leftovers from her battle with acne. Verniece pun masih melanjutkan “puasa” makeup-nya, dengan hanya pakai bedak (Chanel Les Beiges Healthy Glow Sheer Powder) sebagai satu-satunya face makeup most of the time. Kami bahkan sempat cekikikan lihat tisu dilipet-lipet yang jadi salah satu isi clutch YSL kece Verniece. Kadang dia bahkan melupakan touch up, dan cukup pakai tisu saat wajah mulai keringetan siang-siang.

Baca juga: FD Experiment 3 Hari Tanpa Makeup

“Karena minim makeup, aku spend more time di rambut. Aku suka banget nyatok rambut,” kata Verniece sambil mainin rambut, sedikit membocorkan trik agar nggak terlalu fokus pada masalah, dan have fun aja dalam menonjolkan fitur tubuh lain.

verniece-enciso-blog-2017-1

Silly posing with Verniece

Verniece’s insecurity and miracle story is soo familiar and relateable. Di balik foto-foto IG-nya yang tampak glam, influencer seperti Verniece ya cewek biasa juga kayak kita. Jadi nggak usah minder saat kita punya kekurangan, atau lihat feed Instagram cewek dengan style atau makeup on fleek super kece, because everything is beautiful on Instagram. Another thing I learned from Verniece? Being kind, friendly and kinda silly makes you more interesting.

Baca juga: Produk Jerawat Favorit Beauty Influencer Indonesia