#FDInsight: Produk Terjangkau dan Skincare Jadi Daya Tarik Video Female Daily

Siapa sih yang belum pernah ter-expose dengan video-video Female Daily? Rata-rata satu video Female Daily ditonton oleh 32 ribu perempuan Indonesia.

Yep, 32 ribu perempuan Indonesia! Kalau kita bicara video berarti kita juga harus bicarain komen yang muncul. Soal ini jangan ditanya lagi, untuk satu video di Youtube Channel Female Daily paling tidak, ada 150 komen, lho.

Belum lama ini team Female Daily melakukan survei terhadap 4000 responden mengenai channel YouTube Female Daily yang sudah memiliki 90 ribu subscribers. Ternyata banyak ditemukan fakta–fakta menarik dari para FD-ers, mulai dari durasi video hingga topik skincare yang menjadi favorit. Insight ini juga bisa dimanfaatkan bagi Anda para pemilik brand, marketer, atau netizen yang sedang menjajaki karir sebagai YouTuber.

SkinCare 101_sunscreen

Skincare 101 with Affi Assegaf

Berikut insight selengkapnya:

-Ketika ditanya kepada FD-ers apa sih video yang paling menarik dan membuat FD-ers untuk subscribe ke channel Female Daily, berikut urutannya dari jawaban terbanyak:

Skincare 101 with Affi Assegaff

FD Swatch Sister

Tips memilih produk makeup

Challenge

Vlog

Review produk

Ternyata skincare masih menjadi salah satu yang paling dicari oleh FD-ers, mengingat bahwa skincare YouTuber masih jarang sekali di Indonesia. Padahal, awareness wanita sekarang ini mengenai skincare sudah sangat meningkat dan juga pemahaman bahwa skincare jauh lebih penting daripada makeup. Selain itu review tentang suatu produk dan vlog juga menjadi video yang dicari-cari. Mengapa vlog? Mungkin proses behind the scene selalu menarik karena audiance sebenarnya ingin tahu suasana kerja di Female Daily.

-Bagi penonton Female Daily, durasi yang ideal untuk satu video adalah sepuluh sampai 15 menit, bahkan lebih. Hal ini dikarena para penonton ingin mendapatkan review yang luas dan lengkap. Apalagi jika durasi terlalu pendek, para audience merasa bisa menonton video tersebut lewat soc-med lain, misalnya IG Story atau Snapchat.

-Sebanyak 92% penonton YouTube Female Daily selalu menonton video dari awal hingga selesai, jarang di-skip ke bagian konten yang menurut mereka menarik/lebih penting. Ternyata hal ini dilakukan oleh penonton YouTube Female Daily, agar mendapatkan informasi tampa ada terlewatkan. So, jangan takut jika anda mensponsori suatu video, namun produk-nya tidak tampil dari awal sampai akhir. Yang paling penting pesan akan tersampaikan, dan tidak terkesan memaksa alias hard selling.

-Video makeup yang menjadi pilihan nomor satu sekarang ini adalah tips memilih produk makeup dan juga review produk. Hal ini dikarenakan para penonton membutuhkan infomasi dari YouTube Female Daily yang related dengan kondisi para penonton baik dari warna kulit, jenis kulit dan masih banyak alasan lainnya sebelum mereka memutuskan untuk membeli produk beauty yang diinginkan, selain itu audiance selalu mencari the next product to buy, and that is the reason why video review selalu ditunggu.

Namun, video review suatu produk juga harus dikemas semenarik mungkin seperti FD  Swatch Sister dan juga challenge, karena video tersebut selain memberikan informasi, juga menghibur para audiance.

SwatchSister-A

-Hampir seluruh penonton YouTube Female Daily saat browsing memilih video yang akan ditonton berdasarkan judul. Jadi jangan lupa memposisikan diri sebagai user ketika menentukan judul, supaya ada bayangan bahwa video akan ditemukan saat di-googling oleh netizen. 

Pastinya nama produk/brand penting juga untuk ditaruh di judul terutama di saat mencari video review. Dan, beberapa topik video  dengan views tinggi di FD biasanya memuat kata “jerawat”, drugstore dan “murah”.

Facts lainnya 77% audiance Youtube Female Daily ternyata membahas video yang sudah di tonton dengan temannya, jadi produk-produk yang ada di video pastinya terdengar lebih luas lagi karena tersebar mouth-to-mouth.

And finally, 95% subscribers Youtube Female Daily tidak men-subscribe ke media lain. Mungkin hal ini dikarenakan hanya Female Daily media perempuan yang aktif di dunia per-Youtube-an :D

Nah, hasil survei ini pun membuktikan kalau skincare memang sedang menjadi “it topic” di dunia beauty saat ini, di samping tren liquid lipstick yang belum habis. Faktanya juga bahwa audience YouTube Female Daily sekarang ini tidak hanya membeli suatu produk berdasarkan tren yang sedang booming, namun juga memperhatikan kebutuhan-kebutuhan dan concern pribadi.

Apa pun yang serba “murah”, menjadi daya tarik tersendiri bagi penonton yang bisa dimanfaatkan oleh brand-brand lokal dalam menghasilkan produk yang terjangkau namun bagus, karena memang ada pasar yang sangat antusias untuk membeli beauty product yang affordable.