3 Produk Beauty yang Jarang Dibersihkan Namun Wajib

Yuk, gunakan waktu libur Lebaran ini untuk bersih-bersih produk beauty atau alat makeup yang biasanya jarang kita sentuh. It’s no fun, but it’s necessary!

Kalau soal mencuci kuas atau spons makeup, saya rasa semua FD-ers udah cukup rutin membersihkannya setiap minggu. Secara dua produk tersebut paling sering dipakai ya kan, pasti nggak betah juga memakainya kalau dua tools tersebut dalam keadaan jorok dan lembap. Tapi tahu nggak, kalau tiga produk di bawah ini juga perlu dibersihkan?

Makeup Pouch

Oke, technically makeup pouch memang bukan alat, tetapi kamu pasti sering lupa kalau makeup pouch kita adalah sarang kuman. Goresan pensil alis, tumpahan bedak, atau liquid lipstick yang bleber di dalam makeup pouch bisa berkembang menjadi bakteri yang menumpuk. Rajin mencuci kuas juga akan percuma aja kalau pada akhirnya akan dicemplungin juga di makeup pouch yang kotor.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Kalau kamu bukan tipe orang yang suka gonta-ganti makeup pouch, sempatkan untuk mencuci makeup pouch kamu seenggaknya dua minggu sekali. Saya sendiri menghindari makeup pouch berbahan kain yang gampang kotor dan memilih makeup pouch berbahan plastik yang gampang dibersihkan. Kalau udah berasa kotor banget, bisa dilap pakai makeup wipes atau tisu dengan air panas dan alkohol.

Spoolie

Pernah muncul jerawat di tengah-tengah rambut alis? Saya pernah dan salah satu alasannya adalah karena spoolie yang dipakai untuk nyisir alis setiap hari ternyata kotor banget! Selain bisa bikin jerawatan, spoolie yang kotor juga bisa menjatuhkan kotoran ke area mata dan memicu iritasi. Seminggu sekali, coba rendam spoolie kamu di air hangat yang sudah dicampur brush cleaner atau sabun anti-bakteri, bersihkan gumpalan produk alis atau maskara yang menempel dengan pinset atau bobby pins, lalu keringkan seperti biasa.

Catokan

Salah satu alasan rambut gampang lepek dan berminyak adalah menggunakan alat catok yang platnya kotor. Semakin sering kamu mencatok rambut, semakin banyak pula residu produk rambut yang menempel di platnya. Padahal, plat adalah komponen terpenting alat catok, jadi kalau distribusi panas dan pengaplikasiannya pada rambut sudah terhalang kotoran yang menumpuk, hasilnya catokan pun nggak akan maksimal.

Sebulan sekali, coba bersihkan catokan kamu menggunakan cara-cara sederhana berikut ini. Rambut jadi nggak gampang rusak dan catokan pun tahan lebih lama!