Kontroversi Estee Lauder Company Menjadi Investor Deciem

Kamu yang sangat into beauty, pasti sudah mendengar kabar kalau Estee Lauder Company menanam saham di brand kecintaan FDN, Deciem.

It’s a bit shocking for me, that Deciem and Estee Lauder Company joining force together. Kenapa? Karena perbedaan DNA di antara keduanya, di mana Deciem tidak melakukan animal testing, sedangkan hampir sebagian brand kecantikan di bawah Estee Lauder Company melakukan animal testing. Awal berita ini diumumkan, di akun Instagram Deciem pun banyak banget fans yang merasa kecewa akan keputusan ini. Sebagai konsumer, saya ngerti banget ketakutan yang dirasakan, misalnya, takut akan perubahan ingredients dalam produk Deciem, dan kenaikan harga produk yang akan drastis.

Baca Juga: Rekomendasi Produk The Ordinary untuk Jerawat

Sejak Deciem, khususnya The Ordinary, hadir, banyak banget konsumer yang merasa tertolong dengan kandungan-kandungan simpel dari brand ini. Saya pun merasakan hal yang sama, kulit saya terasa jauh lebih “sehat” setelah menggunakan produk-produk The Ordinary. Harga pun sangat terjangkau, jadi mau membeli beberapa produk sekaligus, kantong nggak terasa bolong.

Baca Juga: The Ordinary Natural Moisturizing Factor + HA

Itu perasaan saya ketika baru tahu setelah berita ini disebarkan oleh Deciem beberapa waktu lalu. Namun perlahan rasa khawatir saya berkurang setelah membaca “surat cinta” dari CEO Deciem yaitu Brandon Truaxe.

“DECIEM is our baby – and we have raised this very special baby together with you. I will never let anyone mistreat our baby.” – Brandon Truaxe

 Kontroversi Estee Lauder Group Menjadi Investor Deciem-5Image: www.trbusiness.com

Baca Juga: Review The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA

Dalam surat tersebut Brandon menjelaskan kalau investment yang dilakukan oleh ELC bersifat minor. Artinya segala keputusan yang diambil untuk brand Deciem ke depannya nggak akan ada campur tangan dari ELC. Semua hal akan berjalan secara normal di mana Brandon lah yang memiliki suara paling besar untuk urusan Deciem. Keputusan investment ini diambil karena Deciem selaku perusahaan, mulai kewalahan dengan permintaan supply produk yang semakin tinggi. Dengan dana yang dimiliki Deciem, sangat kurang untuk menambah stok produksi yang melebih dari sekarang. Deciem pun nggak mau mengecewakan pelanggannya dengan lamanya re-stock barang-barang  yang sudah sold out.

Baca Juga: The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 10% Review

Dengan dana yang didapatkan dari ELC, Deciem sebagai perusahaan jadi bisa mengembangkan perusahaannya dengan menyediakan stok barang yang lebih banyak dan cepat. Dan buat kalian yang takut akan animal testing, Deciem sudah menyatakan bahwa mereka tetap tidak akan melakukan praktik ini, dengan kata lain Deciem tidak akan menjual barangnya ke negeri Tiongkok.

Setelah mendengar pernyataan ini dan penjelasan lebih detail dari sang CEO, saya pun merasa lebih tenang sekarang. Karena jelas, kalau invesemnet ini dilakukan hanya untuk mengembangkan brand-brand yang ada di dalam naungan Deciem, dan nggak lebih dari itu. Jadi investment ini bukan berarti ELC akan “merubah” Deciem.

So glad to hear that, and me personally can’t wait to see the grow of Deciem in the future.