3 Cara Mudah Jaga Kesehatan di Bulan Puasa

Bagaimana puasamu di Ramadhan ini, FD-ers? Berjalan lancar atau sempat “bolong” karena kamu jatuh sakit? Padahal ada tiga cara mudah jaga kesehatan selama berpuasa yang bisa kamu praktikkan!.Yuk, simak!

Bulan Ramadhan telah tiba, seluruh umat umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa, menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam, selama sebulan penuh. Jika kamu berpuasa dengan cara yang sehat, maka berpuasa itu bisa membawa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Berpuasa di siang hari seharusnya tidak akan membuat tubuh kita jadi lemas. Pola makan yang berubah selama puasa harus disiasati dengan benar agar tubuh tetap sehat dan bugar dalam menjalankan aktivitas di siang hari. Apa saja sih hal yang harus kita perhatikan agar selama puasa, tubuh tetap sehat?

Banyak Minum Air Putih di Saat Buka dan Sahur

Tubuh kita pada dasarnya membutuhkan asupan air sebanyak minimal 2 liter per hari atau setara dengan delapan gelas air. Nah, bagaimana caranya agar selama puasa, asupan tersebut tidak berkurang jumlahnya? Pada saat buka puasa dan sayur, jangan lupa banyak minum air, mengasup zat cair terutama air putih. Ini supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Jadi pada saat waktu berbuka, kamu bisa mengatur waktu mengonsumsinya sedemikian rupa bisa memenuhi jatah minimal mengonsumsi air sebanyak empat gelas. Misal: Tepat setelah adzan maghrib, minum satu gelas air. Setelah shalat tarawih dan makan malam, minum satu gelas air lagi. Lalu di antara aktivitas di malam hari, luangkan waktu minum 1 gelas air lagi. Dan sebelum tidur malam, teguklah satu gelas air lagi. Demikian pula saat sahur, kamu bisa membagi waktu lagi untuk minimal meminum empat gelas air. Dengan tetap mendapat asupan air yang cukup, maka tubuhmu tidak akan lemas karena mengalami dehidrasi.

Banyak Makan Sayur dan Buah

Bagaimana caranya agar rasa kenyang saat berbuka dan sahur bisa bertahan selama 12 jam? Nah, saat berbuka dan sahur tambahkan asupan makanan kaya serat agar rasa kenyang bisa bertahan lebih lama. Jenis makanan kaya serat itu bisa kamu dapatkan dari aneka sayur dan buah. Saat berbuka puasa dan sahur, kamu bisa menyantap satu mangkuk sayur dan satu piring buah potong berbagai warna, misal: semangkuk sayur bayam atau semangkuk tumis sawi hijau disantap bersama nasi dan lauk pauk. Sebagai hidangan pencuci mulut, santaplah sepiring buah potong segar seperti pepaya, apel atau melon.

Jangan Pernah Lewatkan Sahur

Nah, sahur itu penting karena makanan bergizi di saat sahur bisa jadi “cadangan” energi pada siang hari di saat puasa. Sayangnya, banyak di antara kita yang karena malas makan di pagi hari, atau karena nggak mau repot menyiapkan makanan sahur hanya sahur dengan makanan ala kadarnya, misal, cuma makan sepotong biscuit dan minum teh manis.

Masakan-Opor__1_ (1)

Padahal, kini ada cara mudah menyiapkan hidangan sahur yang dijamin bakal menggugah selera, yaitu dengan produk Chef Cuisine. Apa sih ini? Chef Cuisine adalah paket makanan siap saji yang dibuat dengan teknologi sterilisasi untuk mempertahankan kualitas makanan. Chef Cuisine dibuat dari daging sapi dan ayam terbaik serta dimasak dengan menggunakan bahan dan bumbu-bumbu asli, lalu dikemas tanpa memakai pengawet dan dibuat tahan lama dengan teknologi sterilisasi. Chef Cuisine ini juga sangat mudah dalam penyimpanannya, karena bisa disimpan di suhu ruang saja.

chef_cuisine_rendangDengan Chef Cuisine ini kamu bisa menyiapkan makanan sahur dengan praktis dan sangat gampang! Caranya, ambil satu kemasan Chef Cuisine, buka dan siap santap. Tapi, kalau kamu lebih suka menyantap makanan dalam kondisi panas atau hangat, rendam kemasan Chef Cuisine dalam air mendidih atau menuangkan isinya ke dalam panci atau wajan untuk dimasak di atas kompor selama dua sampai tiga menit, atau ke dalam wadah yang aman untuk dipanaskan di dalam microwave selama satu sampai dua menit.

Kamu bisa mencoba beragam jenis makanan Chef Cuisine yang tak kalah lezat dengan masakan rumah. Pilihan varian makanan yang tersedia saat ini antara lain: rendang, opor, semur dan kari. Tersedia semur dan kari ayam maupun daging. Tunggu apalagi? Segera dapatkan Chef Cuisine di mini market atau supermarket terdekat!