Skincare untuk Traveling Minim Namun Efektif

Pasti sudah banyak yang merencanakan mudik atau liburan pada saat libur Idul Fitri nanti. Berikut adalah tips saya ketika packing skincare untuk traveling.

Siapa yang sudah berencana mudik atau liburan ke luar kota saat libur lebaran? Saya sendiri sudah merencanakan untuk libuan ke luar kota bersama dengan keluarga. Dulu saya nggak begitu pandai mengatur barang bawaan saat liburan lho! Saya sih nggak begitu pusing soal makeup kalau sedang liburan, tapi kalau skincare, rasanya semua ingin dibawa. Semacam nggak rela kalau kulit saya nggak terawat selama liburan.

Tapi lama-kelamaan, saya menyadari kalau nggak semua yang saya bawa itu berguna. Ada banyak produk yang nggak saya pakai sama sekali saat liburan, entah karena pemakaiannya terlalu ribet, karena nggak cocok dengan udara di sana, atau karena nggak sempat. Dan malas juga kan, membawa banyak barang yang pada akhirnya nggak dipakai? Cuma bikin tas tambah berat dan nggak nyaman. Akhirnya saya memang harus pandai-pandai memilih produk-produk mana yang harus saya bawa, dan mana yang harus rela ditinggalkan.

Baca juga: Tips Kulit Fresh Saat Traveling Dengan Skincare dan Makeup yang Praktis

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih produk yang akan benar-benar akan digunakan selama liburan. Lebih bagus lagi kalau produk yang dipilih adalah produk yang multifungsi. Misalnya olive oil atau coconut oil yang bisa digunakan sebagai facial oil, body oil, hair oil, dan makeup remover.

skincare traveling (1)

Tinggalkan dulu produk yang terlalu ribet pemakaiannya atau terlalu beresiko. Produk yang terlalu ribet ini contohnya adalah cleansing milk. Alih-alih membawa cleansing milk dan kapas, saya lebih memilih membawa cleansing oil  yang lebih ringkas. Sedangkan produk yang beresiko di kulit saya adalah produk-produk untuk eksfoliasi, entah itu dalam bentuk toner, serum, ataupun facial scrub. Daripada resiko kulit saya iritasi atau mengelupas pada saat traveling, biasanya saya lebih memilih mengistirahatkan dahulu produk-produk tersebut. Saya juga menghindari membawa produk dalam kemasan kaca, karena berat dan rawan pecah.

Untuk lebih meringkas bawaan, sebaiknya bawa produk-produk skincare dalam kemasan kecil. Jar atau botol mini kosong juga gampang sekali di dapat kok. Saya sendiri suka membeli jar-jar kosong ini di toko pernak-pernik  atau di drugstore seperti Guardian dan Watson. Saya memang kurang suka membeli produk dalam kemasan travel size ataupun sachet, karena terlalu  nyampah. Jadi saya lebih suka membeli jar-jar kecil kosong yang bias diisi ulang dan dipakai berulang kali untuk keperluan traveling. Selain untuk face skincare, cara ini juga biasa saya pakai untuk membawa body care dan hair care juga.

Untuk sekedar memberi ide saja, berikut adalah produk-produk yang biasa saya bawa:

skincare traveling (2)

Multifunction Oil
Yang saya suka bawa adalah Wardah Pure Olive Oil atau 
Bio Oil. Fungsinya untuk pelembap badan, pelembap wajah, pelembap rambut, dan sekaligus makeup remover. Kalau traveling, saya jarang membawa moisturiser cream. Untuk melembapkan wajah saya cukup mengandalkan facial oil saja.

Hydrating Toner
Produk ini biasanya saya depot kedalam botol spray ukuran kecil, agar lebih praktis pemakaiannya dan mudah dibawa-bawa di dalam tas tangan. Selain untuk toner, produk ini juga saya pakai sebagai facial spray yang saya semprotkan kapanpun saya membutuhkan atau menginginkan. Produk yang paling saya suka untuk dibawa traveling adalah Hatomugi Skin Conditioner.

Sunscreen
Tentunya kita tidak boleh melupakan item yang satu ini! Sunscreen adalah produk skincare wajib yang nggak boleh ketinggalan. Saya biasanya membawa Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50 PA+++. Selain memiliki perlindungan yang cukup tinggi, produk ini juga cepat menyerap, namun sekaligus mampu melembapkan kulit.

Sheet Mask
Untuk mengganti ritual skincare malam saya yang biasanya membutuhkan banyak produk, saya memakai sheet mask setiap malam selama traveling. Tips yang satu ini saya dapatkan dari travel blogger, Marischka Prudence, di salah satu blogpost Female Daily. Cara ini bekerja dengan sangat baik untuk melembapkan dan mencegah kulit saya kusam selama traveling. Sheet mask yang saya bawa selalu berganti-ganti sih. Tapi saya selalu mengusahakan membawa sheet mask yang sifatnya soothing dan moisturusing.

Facial foam
Kalau untuk second cleanser ini, saya sedang suka dengan Verile Acne Care Facial Wash, karena efektif mencegah jerawat di kulit saya. Jadi nggak perlu khawatir jerawatan saat traveling.

Baca juga: Sunscreen Andalan Ketika Traveling

Produk-produk face skincare yang saya bawa tersebut adalah apa yang benar-benar di butuhkan oleh kulit saya selama saya traveling. Dan kebutuhan kulit masing-masing orang tentu berbeda. Tapi semoga sharing saya tersebut bisa memberikan gambaran untuk yang masih suka bingung saat harus packing skincare :D