Charcoal Mask Bagus untuk Kulit Berminyak

Mau wajah bebas minyak sepanjang hari? Ini dia rekomendasi Charcoal untuk permasalahan kulit berminyak dan juga jerawat.

Arang aktif memang dipercaya memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh kita. Bila dicampurkan kedalam air, arang aktif bisa memberihkan air dari pestisida, limbah industri, bahan kimia lainnya, bahkan di Jepang produk ini digunakan sebagai air purifier.

Dalam produk perawatan kulit, arang aktif berfungsi untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat, meredakan jerawat, mengangkat komedo dan membuat tampilan kulit jadi lebih fresh. Karena kegunaannya yang banyak banget untuk kulit, sekarang produk skincare dengan embel-embel arang aktif pun semakin banyak, mulai dari pembersih wajah, sheet mask, pasta gigi sampai clay mask.

Baca Juga: Semua Hal Tentang Activated Charcoal

Biasanya kalau saya sedang ada acara penting dan butuh makeup heavy, malam sebelum saya makeup-an, saya akan menggunakan masker tipe ini untuk meminimalisir produksi minyak berlebih dan membersihkan pori-pori secera menyeluruh.

Ini dia dua charcoal mask andalan saya:

Charcoal Maks Bagus

The Body Shop Himalayan Purifying Glow Mask

Dari kelima varian Superfohopod Mask The Body Shop, yang paling pingin saya pakai adalah Himalayan Purifying Glow Mask. Kenapa? Karena kalau dilihat dari ingredients-nya saja masker ini memang ditujukan untuk permasalahan kulit berminyak dan berjerawat. Masker ini memiliki kandungan organic tea tree oil, Moroccan Lava Clay, dan potongan daun teh hijau.

Saat dipakai memang akan terasa cekit-cekit di wajah karena di dalamnya ada juga kandungan peppermint.  Tapi rasa tingling-nya bukan yang heboh banget sampai bikin kulit terasa terbakar. Di kulit saya yang termasuk sensitif, masker ini masih aman dan nggak bikin iritasi kok. Performanya, masker ini ampuh banget membersihkan pori-pori, mengempeskan jerawat di wajah. Keesokan harinya juga secara signifikan produksi minyak pada area T-zone berkurang. Mahal? Lumayan tapi kalau boleh dibandingkan menurut saya masker ini mirip dengan Glamglow Youthmud Tinglexfoliate Treatment yang harganya dua kali lipat lebih mahal.

Sukin Oil Balancing Anti-Pollution Facial Masque

Kalau kamu nggak suka masker yang memberikan efek cekit-cekit di wajah, Sukin Oil Balancing Anti-Pollution Facial Masque pantut kamu coba. Untuk arang yang digunakan sama dengan TBS yaitu Bamboo Charcoal, namun masker ini di-infused dengan Moringa Extract yang bekerja sebagai anti-oksidan untuk kulit. Dan untuk menenangkan jerawat pada kulit, masker ini memiliki kandungan seperti Rooibos Tea, Willowherb dan Aloe Vera. Enaknya kalau habis menggunakan masker ini, kulit malah terasa lembap, mungkin karena ada kandungan rosehip oil juga di dalamnya. But so far, untuk mengatasi permasalahan produksi minyak berlebih, masker ini nggak kalah hebat dibandingkan TBS. Tapi kalau dalam hal meredakan jerawat sih, memang kurang ampuh.

Dari dua masker ini saya nggak bisa milih mana yang lebih saya suka, karena keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Kalau dalam kondisi kulit saya yang lagi agak bawel pastinya saya akan memilih TBS untuk meredakan permasalahan jerawat yang sering muncul di wajah saya ini. Tapi kalau hanya untuk membersihkan pori-pori secara rutin, saya akan memilih Sukin karena terasa lebih mild.