Tata Krama Saat Mencoba Tester Makeup di Counter

Kesel kalau di counter makeup nggak menyediakan tester? Tapi apakah kalian sebagai pelanggan sudah memperlakukan tester makeup dengan baik?

Sebenernya ini unek-unek saya dari pengalaman minggu lalu datang ke pop up store-nya Rollover Reaction di Plaza Indonesia. Jadi sewaktu saya main ke pop up store ini saya kaget banget ngelihat tester dan meja display di sana. Kenapa? Karena semua produk berantakan bentuknya, lip cream yang beleber mulai dari meja, hingga lantai store yang berantakan penuh kapas kotor.

No, this is not RR team’s fault kok. Sejak dibukanya pop up store ini, memang banyak banget orang yang datang dan antusias sekali ingin langsung mencoba produk-produk RR. Terbukti waktu acara JXB lalu, booth RR selalu antri dan padat dikunjungi oleh pengunjung JXB. Jadi saya ngerti banget gimana rasa happy-nya fans berat RR waktu brand lokal favorit mereka akhirnya memiliki store sehingga bisa langsung coba-coba produknya.

Tapi antusiasnya ini kadang suka berlebihan dan semena-mena. Maksudnya gimana? Ya gitu, kadang ketika mencoba produk nggak terlalu hati-hati dan nggak menjaga kebersihan counter. Di sini yang dirugikan bukan hanya pihak brand lho, tapi pengunjung selanjutnnya.

rollover reaction

Coba deh, kalau kalian ke toko makeup dan ngelihat barang tester sudah seperti itu, apa kalian masih mau mencoba atau menyentuh barang tester? Kalau saya sih akan merasa enggan, karena kesannya jorok dan sudah nggak higienis lagi. Nah, selain RR, sebenarnya hal seperti ini pernah terjadi ketika Sephora baru saja buka di Indonesia. Di forum Sephora Indonesia, banyak member yang mengeluh kalau ada tester yang hilang, hancur dan juga kotor. Padahal waktu itu Sephora baru saja buka beberapa minggu lho.

So my note to you all FD-er:

Happy dan excited ketika ada satu brand baru buka boleh saja. Semangat colek sana-sini sangat sah. Tapi coleknya seperti kamu mau colek produk makeup sendiri yaa, pakai “perasaan sayang”. Tester itu disediakan untuk semua pelanggan toko yang ingin mecoba terlebih dahulu sebelum membelinya, bukan sebagai tempat “main”. Dan kalau di counter sudah disediakan spoolie atau doe foot applikator yang sekali buang, tolong dipakai untuk coba-coba maskara dan lipstik, supaya produk tetap terjaga kebersihannya.

Jadi jangan marah atau bete, kalau ada beberapa brand kosmetik yang nggak menyediakan tester di counter-nya. Mungkin aja brand trauma dengan perlakuan beberapa pelanggan yang suka ngasal kalau lagi test produk.