Obat Jerawat Nggak Ampuh? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Udah rajin pakai obat jerawat tapi jerawat nggak kunjung hilang? Bisa jadi kamu melakukan kesalahan ini.

Jerawat bisa dibilang public enemy #1. Apa lagi yang jenisnya cystic. Merah, besar, dan nggak ada “mata”nya. Biasanya hilangnya cukup lama dan nggak boleh dipencet. All that’s left to do is put some spot treatment on it and wait patiently. Tapi nggak jarang udah rajin pakai obat jerawat, those devil incarnates pimples just won’t go away. Bisa jadi kamu melakukan kesalahan ini.

1. Nggak Cocok dengan Benzoyl Peroxide dan/atau Salicylic Acid

Let’s start with the obvious, bisa jadi obat jerawat yang kamu pakai memang nggak cocok. Meski banyak penggemarnya dan dipercaya ampuh, saya pribadi nggak bisa pakai Benzoyl Peroxide. Bukannya membaik, jerawat saya malah semakin meradang dan memerah. Makanya saya lebih memilih pakai Salicylic Acid karena lebih efektif dan cepat membuat jerawat kering.

Nggak jarang yang bahkan nggak cocok pakai BP maupun SA. Tapi nggak usah khawatir, sekarang udah cukup banyak alternatif lain to spot treat jerawat, seperti tea tree oil, centella extract, dan willowbark extract yang juga merupakan anti bakteri.

Benzoyl Peroxide

2. Pakai Obat Jerawat Hanya di Jerawatnya Saja

Di Main Stage Jakarta x Beauty 2017 bulan Mei lalu, dr. Kevin Maharis mengingatkan untuk pakai obat jerawat di daerah sekitar jerawat juga atau bahkan di seluruh wajah. Contrary to popular beliefs yang hanya mengoleskan obat jerawat hanya di jerawatnya saja. Menurut dr. Kevin Maharis, kulit di sekitar jerawat umumnya juga berpotensi terkena bakteri dari jerawat yang udah terbentuk. Jadi sebelum jerawatnya muncul ke permukaan kulit lebih baik dicegah dengan mengoleskan obat jerawat. Better safe than sorry, right? On a side note, make sure you moisturize well.

3. Pakai Obat Jerawat di Siang Hari

Masih dari dr. Kevin Maharis, beliau juga nggak menyarankan untuk pakai obat jerawat di pagi atau siang hari. Kenapa? Beberapa obat jerawat mengandung retinol yang akan berkurang stabilitasnya jika terpapar sinar matahari. Ini akan membuat obat jerawat jadi kurang efektif atau malah redundant. So, baiknya pakai di malam hari setelah membersihkan muka.

4. Memakai Obat Jerawat yang Mengandung Steroid

Nah, untuk yang satu ini, kamu harus lebih teliti saat baca ingredient list di obat jerawat. Umumnya steroid bisa di-identify dari nama bahan yang berakhiran -sone dan -lone, seperti hydrocortisone. Meski banyak yang percaya kalau steroid bisa membuat wajah berjerawat jadi mulus dalam waktu cepat, sebenarnya efek ini hanya sementara. Steroid does not necessarily cure acne, tapi hanya meredam. Jadi, harus dipakai terus-menerus tanpa putus. Kalau berhenti dipakai, jerawat yang keluar akan tambah parah.

Baca juga: 3 Penyebab Jerawat Nggak Kunjung Sembuh