Tips Makeup Kulit Berminyak untuk Lebaran

Rekomendasi lipstik untuk lebaran udah, sekarang giliran tips complexion untuk kulit berminyak!

Jujur, saat lebaran nanti saya lebih kepengen fokus ke kastengels dan ketupat ketimbang ngecek minyak di muka. Tapi apa daya, namanya kulit yang naturally oily pasti produksi minyaknya akan selalu lebih banyak daripada kulit normal. Saya nggak akan share tips makeup yang awet berjam-jam karena biar bagaimanapun, kulit saya sendiri baru bisa matte seharian kalau pakai tiga tumpuk foundation dan bedak berlapis-lapis, jadi saya akan share cara simple aja untuk mengontrol minyak. Here goes!

Baca juga: FD Little Notes: Tips Skincare Kulit Berminyak

Double Hydration!

Call me crazy, tapi saya merasa kulit lebih terkontrol minyaknya setelah pakai dua pelembap sekaligus. Satu yang teksturnya light seperti hydrating toner dengan hyaluronic acid, lalu setelah menyerap maksimal di-layer lagi dengan pelembap yang sedikit lebih thick seperti produk favorit saya saat ini, The Ordinary Natural Moisturizing Factor + HA yang mengandung humektan seperti gliserin dan propanediol. Minyak wajah yang seimbang bisa membuat kulit moist dan lembap lebih lama, serta makeup juga lebih gampang nempel.

Tips Makeup Nyaman dan Awet untuk Lebaran 3

Easy Complexion

Nasib punya kulit berminyak, mau disemprot dengan setting spray apapun, tetap aja foundation saya hanya stay matte sampai siang hari. Begitu udah kena rendang dan keringetan, pasti ujung-ujungnya bleber dan nempel di mukena, hahaha. Karena itu, buat lebaran coba deh, pakai produk complexion yang minimalis dan ringan seperti BB cushion, tinted moisturizer, atau cukup bedak tabur yang memang punya oil-control. Kalau memang ada butuh area yang di-cover lebih, cukup pakai high coverage concealer di beberapa spot.

Baca juga: Tren Makeup Tipis, Mungkinkah Booming di Indonesia?

Face Mist

Kalau muka udah kerasa berminyak banget, biasanya saya semprot dulu dengan face mist, tunggu beberapa menit sampai airnya sudah cukup meresap, kemudian baru saya blot area-area tertentu dengan kertas minyak. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi tampilan minyak dan mengangkatnya tanpa merusak produk complexion yang dipakai. Selain bisa sedikit menyelamatkan makeup dari minyak, face mist juga bisa memberikan instant hydration dan kesan segar di kulit. Efeknya adem pula! :)