Pakai Pelembap Bikin Wajah Kusam? Ini Penjelasannya

Ada yang mengalami hal ini? Kalau pakai pelembap wajah malah terlihat kusam? 

Ekspektasi menggunakan skincare lengkap adalah kulit yang glowing dan berseri seperti kulit artis Korea, atau seperti kulit Affi Assegaf, kan? Tapi banyak banget yang komplain kalau pakai pelembap, atau sunscreen, malah bikin kulit kusam dan gelap. Sebenarnya apa sih alasan di balik menggunakan pelembap yang bikin wajah kusam?

Secara alami sebenarnya kulit kita memang memproduksi minyak yang biasa disebut sebum. Produksi sebum ini bisa menjadi overload, ketika kita skip menggunakan pelembap karena minyak yang diproduksi kurang ampuh untuk melembapkan kulit. Nah, pelembap digunakan untuk memberi sinyal ke kulit kita, bahwa kulit kita sudah mendapatkan nutrisi yang cukup, sehingga mencegah terjadinya produksi minyak yang berlebih.

Ada banyak hal yang menjadi faktor yang menyebabkan pelembap bikin wajah kelihatan kusam di wajah kita. Nah, biasanya nih, hal ini terjadi di siang hari di mana kita beraktifitas di luar ruangan dan menggunakan skincare lengkap tanpa menggunakan bedak sedikit pun. Jadi apa aja sih hal-hal yang bikin wajah terlihat kusam ketika menggunakan pelembap di siang hari?

Pakai Pelembap Bikin

Salah Memilih Jenis Pelembap
Jadi sebelum membeli pelembap ketahui dulu jenis kulit kamu itu apa? Apakah kamu membutuhkan pelembap yang hydrating atau moisturizing? Karena kedua pelembap ini beda banget fungsinya. Kalau hydrating berfungsi untuk memberikan air pada kulit wajah. Sedangkan moisturizing berguna untuk mengunci air pada kulit. Biasanya tekstur pelembap yang ringan adalah hydrating yang mengandung hyaluronic acid, atau sifatnya water-based, dan ini banyak ditemukan di krim pelembap pagi. Sedangkan moisturizing cream lebih banyak tersedia di pelembap malam yang teksturnya lebih tebal.

Baca Juga: Alasan Pelembap untuk Kulit Berjerawat Wajib Dilakukan

Pakai Pelembap Bikin-2

Nggak Menggunakan Bedak
Selain dari salah memilih pelembap, sebenarnya ketika kita menggunakan skincare lengkap di siang hari ada perlunya kita menggunakan sedikit bedak untuk menahan produksi minyak berlebih. Menggunakan pelembap bukan artinya produksi minyak hilang ya. Minyak tetap akan muncul ke permukaan kulit, tapi jumlahnya memang nggak akan terlalu banyak.

But since kita tinggal di Indonesia yang udaranya lembap, jadi menggunakan pelembap dan nggak di-set dengan bedak, kadang memang akan bikin kulit tambah berminyak dan terlihat kusam. Jadi bayangin deh, minyak alami wajah tercampur dengan keringat dan debu, hasilnya..?

Baca Juga: 4 Rekomendasi Pelembap untuk 20 Tahun

Maka dari itu menggunakan bedak akan ngebantu dan mengurangi tampilan wajah yang kusam akibat terjadinya capuran minyak, keringat dan debu tadi.