Mencegah Jerawat di Dahi Akibat Poni

Munculnya jerawat di dahi akibat poni bisa dicegah dengan mengikuti beberapa cara ini!

Salah satu hal yang paling saya takuti tentang mempunyai poni bukanlah dibilang jelek, atau dikira sok muda. Tapi, yang paling saya takuti adalah munculnya jerawat di dahi. Waktu saya masih SMP dan sempat berponi, bruntusan kecil-kecil nggak pernah absen di jidat. Setelah poni saya lebih panjang dan sudah bisa dijepit ke belakang, jerawat langsung berkurang dengan drastis.

Baca juga: Gaya Rambut Poni 2017 ala Bintang Kpop

Poni sebagai salah satu penyebab jerawat bukan hanya sekedar mitos. Dahi adalah bagian dari T-zone yang cenderung lebih berminyak dari bagian muka lainnya. Ditambah lagi adanya poni, yang dapat menyebabkan kotoran, keringat dan minyak alami dari rambut untuk luruh di daerah dahi. Karena itu, it’s no surprise kalau daerah dahi yang ditutup poni menjadi lebih rentan untuk berjerawat. Jadi, bagaimana cara mencegahnya?

jerawat akibat poni 11Hindari Menyentuh Dahi

Yang punya poni pasti cenderung lebih sering memegang rambut karena poni akan dirapiin terus menerus, am I right? razz Kalau bisa, hindari memegang poni karena kotoran di tangan bisa transfer ke kulit. Ambil bobby pin kemana pun kamu pergi, and make sure poni tidak menyentuh dahi terus menerus. Apalagi saat berolahraga, badan dan muka akan lebih berkeringat dan berminyak dari biasa, jadi pastikan poni juga sudah terjepit ke belakang. Meski terdengar sepele, hal-hal kecil begini sangat ampuh dalam mengurangi risiko munculnya jerawat di dahi.

Perhatikan Produk Rambut yang Digunakan

Perhatikan juga produk rambut yang digunakan di daerah poni seperti shampoo atau hair spray karena seringkali, kandungan produk-produk tersebut banyak yang comedogenic (dapat menyumbat pori-pori) dan bisa meninggalkan residu pada kulit. Jadi, bukan hanya rajin keramas, pastikan juga bahwa setiap keramas, rambut telah dibilas sampai bersih.

Pentingkan Skincare

Dan yang paling penting, have a good skincare routine. Walaupun rambut kamu tergolong oily atau kamu sering memegang rambut, jerawat tidak akan muncul kalau kamu sudah merawat kulit dengan baik. And what I mean by skincare routine itu bukan cuma obat jerawat yang mahal atau sering lakukan exfoliation saja ya. A good skincare routine is a lifestyle, jadi jangan lupa untuk rajin cuci muka, dapatkan waktu tidur yang cukup dan perhatikan makanan yang dikonsumsi.

skincare remaja 1Baca juga: Skincare untuk Jerawat? Cari yang Mengandung 4 Bahan Ini

Kalau kamu sudah melakukan tiga hal di atas, maka kamu nggak usah lagi takut tumbuhnya jerawat di dahi. Jadi, jangan takut untuk memotong poni and just embrace your bangs!