Cara Orang Korea Atasi Jerawat

Ngeliat cewek-cewek Korea di layar kaca, kayaknya jarang banget ada yang jerawatan ya? Mungkin karena approach mereka dalam mengatasi jerawat sedikit berbeda dengan cara Barat yang lebih mainstream!

Everything Gentle!

Gentle face wash, gentle moisturizer, gentle face mist, basically gentle skincare routine! Orang Korea melihat jerawat atau breakout adalah sebagai tanda bahwa kulit sedang minta tolong. So, yang mereka lakukan adalah “memanjakan” kulit dengan fokus melembapkan dan menghidrasi, serta menghentikan pemakaian produk-produk yang harsh (ingat puasa skincare?). Kalaupun menggunakan spot treatment, mereka akan menggunakan betaine salicylate, derivatif dari salicylic acid yang nggak boleh digunakan di Korea.

Baca juga: Pendapat Cewek Korea Tentang Cewek Indonesia

beauty-2015-05-soko-glam-00Source: sokoglam.com

Berbeda dengan approach brand Barat yang langsung full on attack dengan produk berbahan salicylic acid ataupun sulfur di acne kit-nya (seperti Paula’s Choice, Kate Sommervile, Mario Badescu, etc), approach Korea lebih ke “puk-puk” kulit dan sebisa mungkin nggak membuatnya stress dengan ditumpuk banyak produk. Tentu ini bukan berarti cara Korea lebih baik dari cara Barat, tapi saya suka aja dengan konsep men-treat kulit dengan lembut, dibanding “mengusir musuh” secara agresif dengan intense ingredients. It kinda gave me a positive mindset about the whole skincare routine!

Vitamin C & Glycolic Acid

Kalau banyak brand Barat menggunakan salicylic acid sebagai spot treatment sekaligus eksfoliasi sel kulit mati, orang Korea banyak menggunakan glycolic acid. Meskipun glycolic acid nggak oil-soluble, tetapi formulanya lebih gentle dibanding salicylic acid dan juga less drying.

Glycolic acid ini bisa hadir dalam bentuk toner, essence, maupun sleeping mask. Supaya regenerasi kulit lebih maksimal dan PIH bekas jerawat memudar, orang Korea juga suka menambahkan serum vitamin C dalam skincare routine-nya. Pasti pernah dengar kan, serum-serum vitamin C Korea seperti Klairs Freshly Juiced Vitamin C atau Pure Vitamin 21.5 Advanced Serum. So, glycolic acid untuk melahirkan sel kulit baru yang sehat dan serum vitamin C untuk meratakan tone wajah yang kemerahan serta menyamarkan noda bekas jerawat.

Kamu sendiri lebih cocok dengan cara Barat atau Korea? Share di bawah, ya!