4 Cara Menghilangkan Jerawat Tanpa Obat Jerawat!

Kulit kamu ”jenuh” dengan obat jerawat ampuh? Empat solusi di bawah ini bisa membantu kamu sebagai cara menghilangkan jerawat.

Walaupun sudah nggak jerawatan parah, saya masih sering dapat jerawat papules atau pustules di daerah dagu, mostly hormonal. Cincay lah ya, kalau itu. Nggak sampai tiga hari pun hilang tanpa bekas dengan skincare routine yang tepat. Sayangnya, semenjak mulai puasa, kulit dehidrasi saya kembali menyerang dan menghasilkan beberapa cystic acne yang sudah sangat lama tidak berkunjung di wajah saya. Hello, old friend!

Baca juga: Hydrating Foods Cegah Dehidrasi di Bulan Puasa

Yang bikin tambah kesel, setelah beberapa hari saya rawat dengan obat totol benzoyl peroxide andalan saya… Kok jerawatnya nggak naik-naik ya permukaan? Anteng banget di bawah kulit. Lalu, saya inget kalau Kak Gyanda, Video Producer Female Daily, pernah memberi tips untuk menghilangkan jerawat yang nggak pakai obat. Nggak cuma itu, saya juga ubek-ubek Forum Female Daily untuk mencari cara menghilangkan jerawat tanpa obat versi FD-ers. Ini caranya.

Jerawat non obat

Kompres Dengan Hydrating Toner atau Facial Essence

Ini dia tips dari Kak Gyanda: kompres jerawat dengan SK-II Facial Treatment Essence dan biarkan semalaman. Caranya, ambil sedikit bagian kapas (seukuran jerawatnya), basahi dengan SK-II FTE, dan tempelkan di jerawat sebelum tidur. Besoknya, jerawat pasti langsung kempes! Berhubung jerawat saya cukup banyak, saya nggak bisa kompres semalaman. Nanti saya keliatan kaya mumi, LOL! Cukup selama 15 menit setelah saya cuci muka, lalu saya lanjutkan skincare routine seperti biasa dengan produk simpel tanpa actives. Keesokan harinya, si jerawat langsung matang dan naik ke permukaan! Setelah saya lakukan beberapa hari berturut-turut, saya puas sih dengan hasilnya. Kalau kamu nggak menggunakan SK-II FTE, kamu bisa coba hydrating toner lainnya yang sifatnya ringan, seperti Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion atau pilihan lokalnya bisa coba Solusi Organik Face Toner.

Kompres dengan Es Batu

Kalau yang ini, saya dapatkan dari banyak FDers: yolandaangelina, yurikomega, Rosebuttondan masih banyak lagi yang setuju dengan metode ini. Caranya cukup self explanatory ya, tinggal ambil saja es batu lalu kompreskan ke jerawat. Kalau dilakukan secara rutin, bisa membantu mengurangi kemerahan dan iritasi di kulit. Oh ya, biar tetap higenis dan nggak kena ice burn, bungkus es batu kamu dengan kain/waslap agar tidak kontak langsung dengan kulit.

Jerawat non obat 1

Olesi dengan Lucas Papaw Ointment

Kedengarannya cukup aneh ya, pakai Lucas Papaw Ointment di jerawat. Tapi menurut FD-ers hprsd, Lucas Papaw justru lebih ampuh daripada menggunakan obat totol dari Benzoyl Peroxide! Kalau dipikir-pikir, hal ini cukup masuk akal karena Lucas Papaw memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu membunuh bakteri jahat jerawat. Nggak cuma itu, Lucas Papaw juga mengunci moisture secara instan di kulit, membantu menutrisi kulit dari luar.

Nggak Disentuh Apapun alias Nggak Diapa-apain

Nah, ini tips dari Kak Netta, Senior Editor Female Daily, tapi ada terms & condition-nya ya! Kak Netta akan ”ngacangin” jerawat yang tumbuh di wajahnya kalau itu hasil nggak cocok setelah nyobain produk. Jadi bukan hormonal atau karena faktor lainnya ya, spesifik kalau jerawatnya keluar habis nyobain produk baru! Sebagai Editor Female Daily, Kak Netta harus nyobain banyak banget produk yang nggak semuanya pasti cocok di wajah. Bener juga sih, karena jerawat akan hilang dengan sendirinya saat kita berhenti memakai produk yang menjadi trigger jerawat ersebut.

Nah, itu tadi empat cara menghilangkan jerawat tanpa menggunakan obat khusus totol jerawat. Nggak ada salahnya untuk dicoba, sambil mengistirahatkan wajah dari penggunaan obat totol yang terhitung cukup harsh untuk wajah. Kalau kamu, ada cara lain yang nggak pakai obat? Tulis di kolom komen ya.

Baca juga: Masalah Jerawat: Atasi Sendiri atau Perlu ke Dokter Kulit?