Makeup Lokal Indonesia Bagus yang Jarang Dibahas

Di tengah perkembangan kosmetik lokal akhir-akhir ini, ternyata ada lho beberapa makeup lokal Indonesia bagus namun kurang populer. 

Kita semua pasti setuju bahwa perkembangan kosmetik lokal saat ini benar-benar pesat. Banyak brand baru bermunculan, termasuk juga beberapa indie brand yang mengusung konsep unik. Pemain-pemain lama pun juga nggak mau kalah, mereka juga terus berinovasi dan mengeluakan produk-produk baru dengan varian produk yang semakin kaya dan kualitas yang juga semakin baik.

Baca juga: Makeup Lokal Indonesia Nggak Akan Maju Kalau…

Tapi sadar nggak sih, ada beberapa pemain lama yang namanya jarang sekali dibahas? Saya sendiri, sebagai penggemar makeup lokal, sudah mencoba berbagai macam makeup lokal, mulai dari yang sering dibahas dimana-mana, sampai yang kurang populer dan jarang dikulik-kulik. Brand yang namanya kurang populer ini nggak selalu kualitasnya jelek lho! Tapi ada faktor-faktor lain yang bikin brand tersebut kurang popular, misalnya faktor ketersediaan. Beberapa brand lokal memang susah sekali dicari di kota-kota besar seperti Jakarta. Jangankan di kota besar, bahkan di kota kecil pun terkadang untuk mencarinya juga harus masuk ke pasar atau toko kosmetik kecil.

Nah, berikut adalah beberapa merek lokal bagus yang pernah saya coba, namun jarang sekali dibahas baik di blog, youtube, ataupun sosial media lainnya.

Ranee Cosmetics

makeup lokal jarang

Ranee Cosmetics ini menurut saya kualitas produknya bagus, namun jarang sekali dibahas. Bahkan beberapa teman saya pun mengaku kalau belum pernah mendengar merek ini. Nggak heran sih, brand yang satu ini memang hampir nggak pernah mengeluarkan produk baru. Kemasanya pun jadul banget dan kurang menarik. Dan bahkan sampai dengan saat ini, saya masih belum menemukan konter kosmetik Ranee di Jakarta.

Tapi pas minggu lalu saya ke kota Solo dan mampir ke konter Ranee, saya lumayan surprise melihat bahwa Ranee mengalami kemajuan. Beberapa produknya di-repackaging dan terlihat lebih modern. Saya sempat sekilas melihat kemasan loose powder, compact powder, dan two way cake-nya memang jadi lebih sleek dan kelihatan “mahal”. Sayangnya saya sedikit terburu-buru waktu itu, nggak ada waktu kalau harus pilih-pilih shade bedak, dan akhirnya pasrah saja cuma membeli blush on kemasan barunya.

Selain blush on yang baru saja saya beli, produk Ranee yang pernah saya coba dan menurut saya bagus adalah eyeshadow compact, cream eyeshadow, bubuk glitter, lem bulu mata, eyeliner pencil, dan eyeliner cair. Eyeshadow compact-nya menurut saya sih bagus. Bukan tipikal eyeshadow yang super pigmented, tapi warnanya keluar dan teksturnya juga gampang dibaurkan. Saya pernah membahas sekilas mengenai Ranee Eyeshadow Compact ini di sini.

Cream eyeshadow-nya juga cukup pigmented dan blendable, lalu eyeliner cair-nya banyak direkomendasikan oleh pecinta makeup lokal juga, karena daya tahannya yang bagus banget. Yang masih saya pakai sampai saat ini, selain blush-on yang memang baru saja saya beli, adalah glitter-nya, karena memang jarang sekali ada merek lokal yang mengeluarkan glitter makeup dengan harga yang terjangkau.

Aubeau Cosmetics

Dulu merek ini terkenal dengan eyeshadow base-nya. Maklum, saat itu masih jarang sekali merek lokal yang mengeluarkan eyeshadow base. Eye Makeup Base Aubeau ini pun sempat menjadi andalan saya selama beberapa lama. Kalau tanya pendapat saya saat ini sih, menurut saya Eye Makeup Base Aubeau nggak begitu bagus. Memang bisa sedikit membuat eyeshadow lebih pigmented, tapi kurang berpengaruh di daya tahannya.

Selain eyeshadow base-nya, liquid eyeliner Aubeau juga banyak digemari. Karena memang liquid eyeliner-nya sangat tahan lama, smudgeproof dan waterproof. Selain itu, bentuk tabung kemasannya juga unik, jadi semakin menarik untuk dikoleksi.

Nah, baru-baru ini Aubeau mengeluarkan liquid matte lipstick, yang menurut saya kualitasnya sangat bagus. Aubeau Matte Lipstick pernah saya bahas sekilas di sini. Produk Aubeau lain yang pernah saya coba adalah eyeliner pencil, eyeshadow, dan moisturizing lipstick. Sejauh yang sudah saya coba sih kualitasnya bagus dan nggak mengecewakan.

 au bless

Bless Cosmetics

Sebenarnya saya lumayan sering melihat merek ini dibahas oleh beberapa beauty blogger, karena memang produknya mudah didapat. Produk-produk Bless bisa di dapat di beberapa drugstore seperti Guardian dan Watsons. Tapi sayangnya hanya skincare-nya saja yang sering dibahas dan mudah didapat. Padahal merek ini juga punya produk-produk makeup yang bagus dan lumayan lengkap lho!

Saya dulu adalah pemakai setia Bless Acne Face Powder. Dibandingkan Acne Face Powder dari merek lokal yang lain, menurut saya Bless adalah yang paling bagus, mampu mencegah jerawat, butirannya halus, dan aromanya sangat enak. Selain Acne Face powder, saya juga memakai blush on, Healthy Glow Foundation, dan single eyeshadow-nya.

Dulu single eyeshadow-nya sering sekali dibicarakan oleh para beauty enthusiast di Female Daily Forum. Bless Single Eyeshadow memang bagus banget sih. Teksturnya buttery dan super pigmented. Bahkan beberapa member bilang kalau Bless Single Eyeshadow Deep Black sama pekatnya dengan MAC Eyeshadow Carbon.

Red-A Cosmetics

Red-A adalah sister-brand dari Viva Cosmetics, yang ditargetkan untuk remaja. Beberapa produk skincare dari Red-A ini sering saya lihat di supermarket seperti Carrefour dan Hypermart. Untuk Red-A, saya suka dengan decorative product-nya. Mungkin karena ditargetkan untuk remaja, jadi mereka punya decorative product dengan banyak pilihan warna yang bright dan ceria. Favorit saya dari brand ini adalah Duo Eyeshadow-nya. Teksturnya lembut dan pigmented, walau agak powdery. Pilihan warnanya lumayan variatif dan berani.

Kalau dari Female Daily Forum, dulu banyak yang suka dengan lipstiknya. Formulanya hampir sama dengan Revlon Superlustrous Lipstick yang juga popular ketika itu, tapi dengan harga yang lebih murah. Pilihan warnanya juga banyak, dari warna nude sampai merah dan ungu tua pun ada.

Selain itu saya juga pernah mencoba loose powder dan compact powder-nya. Jujur, untuk complexion product merek ini bukan favorit saya sih. Tapi kalau untuk remaja yang butuh bedak bagus dan aman dengan harga terjangkau, Red-A bisa dijadikan pilihan.

Pernah mencoba makeup dari merek-merek di atas? Atau apakah punya rekomendasi merek lokal bagus lain yang jarang dibahas?