Akun Instagram Survivor Jerawat Wajib Follow

Di artikel Cara Percaya Diri Dengan Jerawat, Netta sempat menyebutkan kalau membuka akun IG orang-orang yang struggling dengan jerawat, entah itu yang masih struggling atau yang sudah sembuh, somehow bisa memberikan semangat. 

Saya sendiri banyak follow akun-akun orang di Instagram yang sama-sama bermasalah dengan jerawat seperti saya. The only difference is that they are brave enough to document every step while I certainly can’t :D Membaca sharing orang-orang ini, meskipun mungkin banyak juga yang kulitnya belum kembali seperti semula, nggak cuma memberikan semangat tetapi juga memberi inspirasi. Belum lagi tips-tips yang diberikan juga selalu bisa membantu!

Tiga akun favorit saya di Instagram ini memang punya kesamaan, yaitu jerawat mereka berkurang drastis setelah menjalani vegan lifestyle. Berhubung jenis jerawat mereka juga kebanyakan hormonal, jadi tips yang diberikan pun lebih ke pola makan. Satu hal lagi yang saya suka adalah mereka juga nggak sering gonta-ganti skincare! Dengan kata lain, saya jadi nggak gampang mupeng tiap ngeliat produk baru :D

Come meet them:

1. Kali Kushner – @myfacestory

Screen Shot 2017-06-02 at 2.58.44 PM

Screen Shot 2017-06-02 at 3.08.59 PMKarena faktor genetik, Kali baru mengalami masalah cystic acne yang parah di usia 20 tahun setelah sebelumnya nggak pernah jerawatan sama sekali. Jerawat yang awalnya hanya muncul di hidung kemudian melebar ke kedua pipi, dan setiap ada jerawat baru yang muncul, radangnya bisa bertahan sampai 6 bulan!

Jerawat Kali sempat kalem selama satu tahun setelah mengonsumsi accutane, tapi memasuki tahun kedua post-accutane, cystic acne-nya kumat lagi. Akhirnya Kali memutuskan untuk menjadi vegan, berhenti mengonsumsi dairy, banyak mengonsumsi buah berries dan berusaha mengimbangi hormonnya dari dalam. Akhirnya jerawatnya pun pelan-pelan berkurang dan sekarang Kali menggunakan Banish Acne Scars untuk menangani acne scars-nya.

“It’s just a spot on your face! And if it’s a bunch of spots on your face, then it’s just a bunch of spots on your face. It doesn’t mean anything.” - Kali Kushner

2. Rachel Crawley – @apsrinkleofhealthandbeauty

Screen Shot 2017-06-02 at 4.07.57 PM

Screen Shot 2017-06-02 at 4.16.31 PMPertama kali saya nemu akun ini justru karena berita viral di Internet yang mengangkat cerita Rachel yang mundur sebagai finalis beauty pageant beberapa tahun lalu karena nggak pede dengan kulit wajahnya. Setelah memutuskan untuk jadi vegan dan meminimalisir produk skincare yang dipakai, cystic acne Rachel berkurang drastis dan sama seperti kasus Kali, sekarang hanya tersisa acne scars. Produk pilihan Rachel untuk mengatasi scars? (Tetap) Banish Acne Scars dan Trilogy Rosehip Oil!

Tips diet dari Rachel: kurangi processed food, gula, dan perbanyak minum teh herbal serta mulai hari dengan air lemon. Nggak cuma bagus untuk sistem imun, vitamin C dari lemon juga bagus sebagai antioksidan dan membantu penyembuhan kulit dari dalam.

3. Samantha Rizzo – @veganacnesufferers

Screen Shot 2017-06-02 at 5.08.14 PMScreen Shot 2017-06-02 at 5.03.54 PMSamantha Rizzo, sosok di balik veganacnesufferers.com ini sudah lama sembuh dari jerawatnya, jadi sekarang akun Instagramnya lebih banyak berisi konten-konten informatif dibandingkan foto before-after. Samantha juga salah satu orang yang menginspirasi saya untuk nyoba suplemen Vitex (buah chasteberry) yang bagus untuk hormonal imbalance!

Selain soal jerawat, Samantha juga banyak share soal produk-produk natural seperti plant oil untuk menghilangkan bekas jerawat dan juga pesan-pesan positive body image yang bisa banget jadi pick-me-up kalau kamu lagi down soal penampilan kamu.

Punya akun jerawat favorit yang jadi inspirasi kamu? Share di bawah, ya!