3 Sunscreen Korea untuk Kulit Berminyak

Buat kulit berminyak, cari sunscreen kadang memang susah banget. Yang satu malah bikin tambah berminyak, yang satu lagi matte tapi bikin jerawatan. Bingung kan?

Mungkin yang pertama kali harus diperhatikan adalah jenis sunscreen itu sendiri. Physical or chemical sunscreen? Physical sunscreen (kandungan utamanya zinc oxide dan titanium dioxide) biasanya teksturnya lebih padat, rawan whitecast, tapi lebih aman untuk kulit sensitif.

Physical sunscreen bekerja dengan cara memantulkan sinar UV, sedangkan chemical sunscreen mengubah sinar UV tersebut menjadi energi panas yang kemudian dilepaskan oleh kulit. Chemical sunscreen, meskipun teksturnya lebih ringan dan cepat menyerap daripada physical sunscreen, tetapi rentan juga menimbulkan iritasi karena gabungan chemical di dalamnya yang bekerja sebagai UV filter.

To begin with, kulit saya yang sensitif, oily, dan acne-prone ini udah pernah ngerasain cocok-nggak cocok dengan kedua physical sunscreen dan chemical sunscreen. Hahaha, memang ada pro dan kontra untuk masing-masing sunscreen, tapi soal sensitivitas kan kembali lagi ke kulit masing-masing, jadi saran saya tetap coba keduanya supaya tahu mana yang terbaik buat kamu.

If you don’t know where to start, ini dia tiga sunscreen Korea that FD members recommend:

1. Innisfree Perfect UV Protection Cream

innisfree suns
My holygrail sunscreen! Aku udh researched perfect sunscreen for my sensitive and acne prone skin sekian lamaa, akhirnya nemu ini. Sebenernya ini versi barunya dari yg eco perfect sunblock yang udah hype ituu, tapi ingredients-nya udah banyak di upgrade. Sunscreen ini 100% physical/mineral sunscreen jadi aman buat kulit sensitif. It contains some antioxidants such as greentea, sunflower oil, terus juga ada niacinamide-nya which is my skin’s best friend. Nggak bikin breakout, nggak bikin berminyak atau greasy sama sekali, does not contain alcohol (my skin always reacted with alcohol). Cons-nya mnrt aku fragrancenya terlalu strong, tapi beberapa saat aja sih habis itu hilang. Overall, very very recommended sunscreen!“- ratiharistia

2. Natural Sun Eco Sebum Control Moisture Sun

sunscreen korea kulit berminyak 2

“Produk ini aku pakai hasil dari mencari sunscreen yang pas buat wajahku, yang formulanya nggak greasy, nggak lengket, cocok untuk kulit sensitif, nggak susah dicari dan nggak overpriced. Sempat ragu-ragu karena kembali lagi di orang lain cocok di aku belum tentu cocok. So far, produk ini bisa melengkapi semua kebutuhanku tadi.

Finishing-nya matte dan well blended, nggak menggumpal kalau ditimpa dengan foundation. Oil control cukup bagus di aku dibandingkan merk tetangga yang aku pakai sebelumnya. Oh ya, nggak ada wangi yang terlalu nyengat ataupun bau sunscreen yang aneh juga kok.”- nhanita

3. Etude House Sunprise Mild Airy Finish

sunprise

“Walau masih campuran physical dan chemical sunscreen, tapi physical sunscreen-ya lebih dominan. Teksturnya cair dan pekat seperti susu dan cepat kering setelah dioles ke kulit. Setelah pemakaian, kulit terasa jadi lebih halus dan matte, no primer needed! White cast ada, tapi minimal. Sunscreen ini lebih cocok buat kulit berminyak sepertinya, buat kulit kering akan bikin makin gersang.

Kalau menilik dari komposisinya yang dominan physical sunscreen harusnya sih ramah buat kulit sensitif, but I cannot vouch for that claim because my skin is not sensitive to begin with. Would repurchase in a heartbeat, sayangnya yang lebih mudah ditemukan malah Sunprise Mild Watery Light, yang teksturnya seperti gel. Semoga belum discontinued, karena saya benar-benar jatuh cinta sama produk ini!” – veerke