Cerita Beauty Influencer 3 Negara

Seperti apa sih makeup lokal dan beauty influencer negara Asia lain? Saya dapet bocorannya langsung dari para beauty influencer Myanmar, Singapura dan Filipina.

Jujur, saya baru familiar sama makeup artist dan beauty influencer Indonesia begitu gabung dengan Female Daily 2015 lalu. Sebelum itu, ya mainnya masih roaming; muter di beauty vlogger luar dan para makeup artist legendaris yang udah saya kagumi dari SD, seperti Gucci Westman dan Tom Pecheux. Kalau boleh jujur lagi, walau saya cinta banget dengan produk makeup lokal, saya nggak terlalu berkiblat dengan influencer lokal; sebatas seneng lihat beberapa yang feed Instagram-nya bagus jadi inspirasi dan referensi swatches makeup.

Nah, gimana ceritanya dengan makeup lokal dan beauty influencer negara Asia lain? Saya dapet bocorannya langsung dari para beauty influencer Myanmar, Singapura dan Filipina.

beauty-by-naychi-1

Image: facebook.com/beautybynaychi

Myanmar: Facebook Masih no. 1

Kalau banyak beauty vlogger atau selebgram di Indonesia, para beauty influencer Myanmar justru tenar dengan media lain. Beauty influencer top Myanmar, Nay Chi Oo/ Beauty By Naychi bilang,”Di Myanmar, kita pakainya Facebook, baru Twitter. Orang di Myanmar nggak tahu apa itu YouTube, apa itu Instagram.”

Singapura: The Controversial Xiaoxue

Dari geng Singapura, saya ngobrol dengan teman-teman media dari dua majalah besar NUYOU Singapore dan Her World. Ada kah gaya makeup yang lagi trend di sana? Menurut mereka, not really. Di Singapura, gaya makeup-nya cenderung natural dan lebih berkiblat sama gaya makeup Korea atau Jepang, karena persamaan fitur wajah mereka yang oriental.

Saat ditanya soal siapa influencer paling tenar Singapura, kompak jawaban yang keluar adalah satu nama: Xiaoxue alias Wendy Cheng. Sayang, Xiaoxue lebih terkenal karena komentar-komentarnya yang kontroversial ketimbang kualitas tulisannya. Saya coba googling nama Xiaoxue dan ternyata…Silakan kamu cek sendiri deh, and tell me what you think! :D

verniece-enciso-1Verniece Enciso

Filipina

“Hmm…Sayang banget, tapi Filipina nggak punya sih, brand beauty lokal yang terkenal,” kata Verniece Enciso, blogger Filipina yang super cantik dengan hampir 250 ribu followers Instagram. Sambil jalan-jalan di istana Gyeongbokgung, Korea, bulan lalu, Verniece pun cerita kalau di Filipina, segala yang berbau Western dan mahal itu dianggap lebih bagus, dan gengsi-nya lebih tinggi. Hmm…Kok nggak jauh beda sama di Indonesia ya? :P

Nggak heran kalau brand beauty maupun fashion Barat berjaya di Filipina. Verniece sendiri penggemar makeup Charlotte Tilbury dan juga Chanel. Btw, saya juga ngobrol banyak soal pengalaman Verniece jadi influencer top dengan kulit jerawatan. Coming really soon!

Baca juga: Produk Jerawat Favorit Beauty Influencer Indonesia