L’Oreal Indonesia dan Impactnya selama 38 Tahun di Indonesia

L’oreal Indonesia ternyata sudah ada selama 38 tahun dan banyak sekali impact positif yang mereka berikan kepada para perempuan Indonesia!

Bulan April lalu, (I know, this post has been long overdue) saya diundang untuk menghadiri presentasi Presiden Direktur L’Oreal Indonesia, Umesh Phadke di kantor L’Oreal Indonesia. Selain Umesh, ada juga presentasi dari para Head of Marketing beberapa brand di bawah payung L’Oreal Indonesia. Mungkin beauty enthusiast di sini ada yang belum tahu bahwa L’Oreal Indonesia membawahi sekitar 13 merek kecantikan dan parfum seperti L’Oréal Professionnel; Kerastase Paris; Matrix; L’Oréal Paris; Maybelline New York; Garnier; NYX, Lancôme; Shu Uemura; Yves Saint Laurent; Kiehl’s; Urban Decay; parfum-parfum Giorgio Armani, Ralph Lauren dan Viktor & Rolf; dan The Body Shop yang didistribusikan melalui pihak ketiga.

loreal-indonesia-01

Banyak, kan? Sebagai perusahaan kecantikan nomor satu di dunia yang umurnya juga sudah lebih dari 100 tahun, L’Oreal memang menghadirkan begitu banyak merek yang saling melengkapi dan memberikan kita pilihan sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan tentunya budget kita, baik untuk perawatan kulit, makeup ataupun perawatan rambut. Di Indonesia sendiri L’Oreal sudah hadir sejak 1979.

Wow, ternyata saya dan L’Oreal hadir di Indonesia pada tahun yang sama :-)

Industri kecantikan sendiri di Indonesia sekarang ini lagi berkembang sekali. Rata-rata pertumbuhan pertahunnya mencapai 12%, jauh di atas GDP negara ini. Dan di 2020 nanti, industri kecantikan di Indonesia diprediksi akan mengalami pertumbuhan paling besar dibandingkan dengan negara lain di Asia. Kita lihat sendiri lah dalam 2 tahun terakhir, ada begitu banyak merek luar yang baru masuk ke Indonesia. Merek lokal juga hampir nggak terhitung jumlahnya. Dari mulai selebriti, makeup artist sampai Instagrammers dan anak kuliah pun semangat untuk membuat produk kecantikan. Saking cepatnya pertumbuhan pasar kecantikan di Indonesia, L’Oreal pun menetapkan Indonesia sebagai pasar yang harus diprioritaskan bersama China dan India. Beruntung Female Daily sudah memutuskan untuk fokus di dunia kecantikan sejak tahun 2014 jadi kami merasakan sekali keseruan ini.

loreal-indonesia-04

Selain sudah membuat kita tambah cantik, apa aja sih yang sudah dilakukan L’Oreal Indonesia selama 38 tahun terakhir?

Saya percaya, sebuah perusahaan bisa menjadi besar dan bisa begitu dicintai masyarakat pasti bukan hanya karena produknya yang keren-keren, tapi juga karena misi yang dibawanya dan manfaat yang diberikan ke sekitar. Nah, sudah banyak banget sih investasi yang dilakukan L’Oreal Indonesia selama perjalanannya di sini. Di tahun 2012,  L’Oreal Indonesia membangun pabrik terbesarnya di Cikarang, kamu bisa intip dalamnya di artikel ini. Pabrik yang begitu besar, pasti dong menyerap begitu banyak tenaga kerja?

loreal-indonesia-05

Untuk SDM di jajaran manajemen juga mereka sangat membimbing talent-talent lokal. Saya sudah sering sekali bertemu dengan para brand manager dari semua merek di bawah L’Oreal Indonesia dan memang terlihat sekali yang bekerja di sana sangat happy dan bangga dengan pekerjaannya. Saya melihat sendiri ada beberapa yang sudah naik posisi, sudah dikasih kepercayaan memegang merek baru, belum lagi training yang diberikan serta kesempatan untuk kontribusi ke masyarakat dan kesempatan belajar lainnya.

Dari sisi inovasi, L’Oreal Indonesia khususnya untuk Garnier banyak memformulasikan produk dengan menggunakan bahan dasar alami dari mulai sakura, matcha, lemon sampai yoghurt dan alpukat. Mereka juga berinvestasi di digital supaya lebih dekat dengan konsumennya. Investasinya di dunia pendidikan nggak usah diragukan lagi karena yang saya tahu saja ada L’Oreal Academie untuk mengedukasi penata rambut dan ada 20,000 stylist yang terlibat setiap tahunnya. Ada juga LKP Path, sekolah umum tata rambut bekerjasama dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa. Ada program Beauty for a Better Life, bahkan baru-baru ini NYX membuat studio di kantor L’Oreal Indonesia dan para bloggers boleh memakainya untuk membuat video blog.

loreal-indonesia-02

Salah satu merek di bawah payung L’Oreal Indonesia yang sangat saya kagumi adalah Maybelline. The brand just resonates with me with their Make it Happen tagline. Saya suka produk-produknya dan juga kampanye-kampanyenya yang mengajak para perempuan untuk menjadi a Go-Getter dan powerful individual yang melihat halangan menjadi sebuah kesempatan.

loreal-indonesia-03

By the way, sudah coba maskara Magnum Barbie dari Maybelline belum? Akhir tahun produk ini mendapatkan Female Daily Best of Beauty Award. Silakan lihat reviewnya di sini ya.

Masih banya lagi cerita-ceritanya dari satu sore bersama L’Oreal Indonesia. Intinya, saya kagum sekali dengan kiprahnya L’Oreal Indonesia yang bukan saja perusahaannya maju pesat dari sisi penjualan tapi juga impact yang dibawanya untuk orang-orang Indonesia. It’s been an honor to work together with them and hopefully we will always be partners for the rest of the journey :)

loreal-indonesia-06

A single small idea, carried forward everyday over the course of many years can take you to the other side of the world – Eugene Schueller founder L’Oreal