Tips Beli Eyeshadow Palette untuk MUA Pemula

Lebih baik beli eyeshadow palette A atau B ya? Kalau masih suka bingung, berikut tips membeli eyeshadow palette untuk makeup artist pemula. 

Selain lipstik dan blush, produk makeup yang paling menggiurkan untuk dibeli lagi dan lagi menurut saya adalah eyeshadow palette. Dulu, saya susah banget ngerem pengeluaran membeli eyeshadow palette karena tergiur untuk punya or simply karena kemasannya yang gemesin. Tapi karena sekarang beli makeup bukan untuk diri sendiri, jadi saya nggak bisa lagi beli palette hanya karena kemasan atau rasa nafsu ingin punya.

Eyeshadow Palette-2

Jadi sekarang, sebelum saya membeli sebuah eyeshadow palette, ada 3 hal yang harus saya pertimbangkan. Apa saja itu?

Kualitas 
Either kamu beli untuk diri sendiri atau untuk klien hal yang harus diperhatikan adalah kualitasnya, bukan hanya kemasannya. Biasanya eyeshadow dengan kemasan gemesin bukanlah eyeshadow dengan harga yang tergolong murah. Kualitas seperti apa yang saya maksud? Minimal di dalam satu eyeshadow palette tersebut 80% warnanya harus pigmentedblend-able dan bisa menghasilkan eye makeup yang berbeda-beda. Rajin-rajin baca review di FD atau Youtube supaya kamu bisa lihat sendiri seperti apa warnanya dan makeup look apa yang bisa dihasilkan dari palette tersebut.

Pilihan Warna
Karena belinya bukan untuk koleksi meja rias, jadi saat beli eyeshadow palette saya harus mikir dari 12 warna ini ada berapa eyeshadow yang akan terpakai untuk makeup klien? Kalau jawabannya ada di bawah 6 artinya palette tersebut nggak saya perlukan karena warna yang terpakai hanya sedikit.

Gyanda, Video Producer Female Daily juga memiliki pemikiran yang serupa dengan saya. Nah, selain berapa banyak warna yang dipakai, kalau Gyanda perhitungannya adalah dalam palette tersebut harus ada perpaduan eyeshadow shimmer, satin, glitter dan juga matte, supaya ketika makeup klien kita nggak perlu membuka semua eyeshadow palette yang kita miliki.

Eyeshadow Palette-3

Saat memilih eyeshadow palette dengan tone sama?
Nah, keluarnya palette-palette dengan tone serupa ini nggak jarang bikin kita sebagai pembeli bingung untuk beli yang mana ya? Saran dari saya, ketika mau beli palette seperti ini sebaiknya research yang mendalam. Soalnya biar pun kelihatannya mirip, tapi ketika di swatch or mix and match warna pasti hasilnya berbeda. Misalnnya seperti Urban Decay Naked 1 dan 2, walaupun keduanya sama-sama eyeshadow palette nude tapi hasilnya beda, di mana Urban Decay Naked lebih warm sedangkan Urban Decay Naked 2 lebih cool tone.

Research apa yang perlu dilakukan? Balik lagi, sari review dan swatch dari Google sebanyak-banyaknya, kalau bisa sekalian cari swatch di skintone yang serupa dengan skintone kamu. Ini akan berpengaruh banget dalam hal kamu menentukan apakah eyeshadow palette tersebut bagus untuk skintone kamu. Kalau belum puas dengan foto aja, kamu bisa cari review-nya di Youtube yang kadang lebih lengkap dengan live swatch menggunakan eyeshadow brush dan jari, jadi kamu beneran dapet gambaran gimana pigmented-nya eyeshadow tersebut.

All in all, kamu harus punya perhitungan sendiri ketika ingin beli eyeshadow palette dan balik harus tanya ke diri sendiri apakah beli hanya karena ingin, atau karena memang eyeshadow palette tersebut memang akan melengkapi pilihan warna eyeshadow kamu?