Perlukah Kulit Kita “Bernafas”?

Banyak yang bilang kita nggak boleh sering-sering makeup-an karena kulit perlu bernafas. Sebenarnya, apa sih definisi kulit bernafas itu?

Waktu lagi dandan pakai foundation full-coverage di rumah, nenek saya yang kebetulan lewat berkomentar:

“Itu jerawat jangan sering-sering ditutupin. Sekali-kali kulit perlu bernafas.”

I love my grandma, but only if she knew how nosy and judgmental people are when it comes to somebody else’s skin. Hahaha. Saat itu saya pakai foundation full karena memang siangnya mau syuting video di kantor, jadi nggak mungkin banget nggak makeup-an. Itu bukan pertama kalinya nenek saya bilang kalau makeup-an bisa bikin kulit nggak bernafas.

Baca juga: 4 Persepsi Salah Tentang Foundation

Sekali lagi, apa yang dimaksud dengan kulit bernafas? Apakah kulit kita membutuhkan oksigen untuk bisa berfungsi dengan baik? Pastinya, karena asupan oksigen membantu sirkulasi darah lebih lancar dan membantu melawan radikal bebas. Tapi, apakah kulit yang dilapisi makeup berarti nggak bisa mendapatkan asupan oksigen?

review-cushion-highlighter-laneige-harga-5“Sel kulit mendapatkan oksigen dari pembuluh darah di dalam tubuh, jadi bukan “menghirup” dari luar seperti sistem pernafasan. Apalagi, lapisan terluar kulit kita adalah sel kulit mati, karena itu lapisan kulit yang bekerja setiap hari adalah sel kulit sehat yang tentunya dipengaruhi oleh apa yang kita konsumsi.” jelas dermatologis Lisa Chipps pada Refinery29, “Perawatan seperti oxygen facial atau oxygen mask itu juga fungsinya untuk memompa oksigen ke kulit, tapi efeknya temporary.

Yang dimaksud dengan kulit “nggak bernafas” sebenarnya mungkin lebih ke beberapa produk makeup dinilai bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Tapi tentu kalau dibersihkan dengan baik, makeup setebal apapun tentu nggak akan menyebabkan clogging. Jadi mungkin kuncinya bukan di tebalnya makeup, tapi seberapa efektif kamu membersihkannya sampai benar-benar bersih.

Lihat juga: Semua Tentang Double Cleansing

So, bisa dipastikan ya kalau secara teknis, kulit kita nggak bisa dibilang “bernafas”. Nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk bisa bekerja maksimal datangnya dari dalam kulit, lewat makanan yang kita makan, dengan bantuan skincare yang kita pakai di luar. Karena, pada dasarnya, mau barefaced setiap hari pun, kalau kita sering makan junk food, merokok, dan suka skip bersihin wajah di malam hari, kulitnya bukan nggak mungkin jadi bermasalah juga.