3 Makanan “Sehat” Penyebab Jerawat

Nggak cuma kue atau es krim aja yang bisa jadi penyebab jerawat, 3 makanan sehat ini juga bisa, lho!

1. Salmon

Pasti kamu sudah sering dengar kalau salmon mengandung asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk kulit karena memiliki fungsi anti-inflamasi. Berhubung jerawat muncul karena adanya peradangan, mengonsumsi salmon bisa membantu meredakan inflamasi atau kemerahan di kulit. Tapi, mengonsumsi salmon terlalu banyak dalam waktu yang berdekatan malah bisa memicu jerawat karena kandungan proteinnya yang terlalu tinggi, kadang susah dicerna oleh tubuh.

Sebagai efek samping dari sistem pencernaan yang bekerja di dalam tubuh ini, kulit pun ikut “stress” dan mengalami inflamasi yang dipicu dari dalam. Saya sendiri pernah ngerasain, dua hari makan salmon berturut-turut dan besoknya langsung keluar cystic acne merah bengkak yang menandakan something’s wrong on the inside!

Baca juga: Makanan Pedas Menyebabkan Jerawat? Ini Kata Dokter

3 Makanan "Sehat" Penyebab Jerawat

 

Image

2. Alpukat

Meskipun enak untuk dijadikan smoothies dan guacamole untuk cocol-cocol tortilla, alpukat juga punya faktor pemicu jerawat untuk kulit acne-prone, nggak lain dan nggak bukan adalah kandungan vitamin E (tocopherol)-nya yang tinggi. Berulang kali ganti dokter kulit, hampir semua dokter yang saya kunjungi mengingatkan untuk hati-hati dengan vitamin E, baik itu dari skincare maupun dari makanan. Vitamin E sendiri bukan merupakan vitamin jahat, hanya saja kandungannya yang terlalu melembapkan bisa memicu minyak berlebih di wajah dan membuat pori-pori tersumbat.

Baca juga: Ini Alasan Kulit Berjerawat Harus Hindari Dessert

3. Greek Yogurt

Sarapan greek yogurt dengan buah memang nggak cuma bagus difoto, tapi juga bagus untuk kesehatan. Apalagi greek yogurt mengandung lebih banyak protein dan kadar gula yang rendah dibanding yogurt biasa. Tapi, kalau kulit kamu sensitif terhadap produk-produk dairy, greek yogurt tetap akan berpotensi memicu jerawat. Nggak harus dihindari total, tapi kamu bisa membatasi konsumsinya dan imbangi dengan sayur hijau berkalsium tinggi. Satu tips untuk mengenali apakah jerawat kamu disebabkan oleh dairy atau enggak adalah dengan mengecek lokasi jerawatnya. Biasanya jerawat yang disebabkan oleh dairy akan muncul di area wajah bagian bawah (sampai rahang dan leher) karena berhubungan dengan hormon!

Biar bagaimanapun, sensitivitas orang terhadap makanan tentunya berbeda-beda. Ada yang langsung jerawatan setelah minum segelas kopi, makan gorengan, atau sekedar cheese burger. Saya pun hanya muncul jerawat kalau mengonsumsi makanan-makanan tersebut dalam porsi yang berlebihan. Yang terpenting adalah tetap mengimbangi asupan karbohidrat, protein, dan antioksidan supaya organ internal tubuh bisa bekerja dengan baik. Everything in moderation, ladies!

Kamu sendiri punya nggak, makanan sehat yang malah memicu jerawat? Share di bawah, ya!