5 Sheet Mask untuk Kulit Berminyak yang Dehidrasi

Punya kulit berminyak bukan berarti bebas dari dehidrasi. Kalau lagi traveling, kecapekan, atau simply efek obat jerawat yang memang agak drying, kulit saya yang berminyak ini juga sering mengalami dehidrasi.

Lucunya adalah, kalau orang-orang biasanya mengidentikkan “kulit dehidrasi” dengan kulit kering kerontang, kulit saya beda lagi ulahnya kalau lagi dehidrasi. Justru kondisinya malah makin berminyak, tapi ada dry patches di beberapa area. It’s dry and oily at the same time. Jadi, kalau muka malah terasa lebih lepek, nggak nyaman, dan makeup nggak mau nempel karena banyak dry patches, saya udah hafal banget: ini pasti dehidrasi!

Kalau sudah begitu, pertolongan pertama yang biasanya saya lakukan adalah langsung lari ke sheet mask. Seperti yang dijelaskan di artikel Ini Alasan Orang Tergila-gila Sheet Mask Korea, pemakaian sheet mask bisa langsung memberikan efek hidrasi dan kelembapan yang instan dibanding skincare lainnya. Selain lebih lembap, sheet mask juga bisa mengurangi peradangan, kemerahan, dan menenangkan kulit.

Nah, dalam memilih sheet mask, biasanya sih ingredient yang saya jauhi cuma tocopherol (vitamin E) karena memang pernah bruntusan memakai sheet mask yang mengandung tocopherol. Di luar itu, kandungan fragrance dan alkohol yang ada di sheet masks di bawah ini masih tergolong oke dan nggak memicu dehidrasi di kulit saya. Kalau kamu punya kulit berminyak dan lagi mengalami dehidrasi, berikut rekomendasi sheet mask dari saya:

1. Dr. Jart+ Dermask Water Jet Soothing Hydra Solution

drjart soothingSoothing Hydra Solution dari Dr. Jart+ ini memang ditujukan untuk menenangkan dan menjaga menahan air di kulit. Di dalamnya banyak kandungan yang memang sudah dikenal akan calming effect-nya seperti aloe vera, aquaxyl (pendorong kelembapan), phytoncide (bahan natural dari tanaman untuk mencegah bakteri tumbuh), serta xylitol (pendorong kolagen).

Waktu pertama kali ditempel ke muka, saya langsung notice lembaran maskernya yang tipis, halus, dan enak banget dipakai! Bisa dibilang ini sheet mask yang bahannya paling nyaman, jadi efek soothing-nya nggak hanya dari ingredients-nya aja tapi juga dari lembaran maskernya yang lembut. Setelah dipakai, langsung berasa kulit jadi moist banget, kenyal, dan nggak berasa “ketarik” lagi. Sayangnya, masker ini terhitung mahal (sekitar Rp90.000) dan setahu saya belum masuk ke Indonesia.

2. Innisfree It’s Real Squeeze Rice Mask

innisfreerice

 

Berharap cocok sama sheet mask Innisfree Skin Clinic Hyaluronic Acid Mask, ternyata saya malah cocok sama It’s Real Squeeze sheet mask yang varian beras ini. Berada di urutan keempat, fungsi oryza sativa extract yang punya reputasi low-irritant risk ini adalah sebagai skin-conditioning agent yang bisa melembutkan kulit. Dikombinasikan dengan hyaluronic acid, aloe vera, dan orchid extract, masker ini bikin kulit fresh, lembap, dan cairan essence-nya pun nggak terasa lengket di kulit. Wanginya pun soothing banget dan nggak mengganggu sama sekali.

3. The Face Shop Real Nature Face Mask Calendula

 

calendulaIni juga termasuk salah satu sheet mask yang saya beli karena iseng, tapi ternyata hasilnya malah unexpected. Bunga calendula memang udah terkenal sebagai kandungan anti-inflamasi dan soothing agent yang cocok untuk semua jenis kulit. Sedikit bocoran, bahkan dokter kulit saya pun juga bilang kalau di salah satu krim jerawat yang diberikan ke saya, ada calendula extract di dalamnya untuk mengurangi peradangan. Setelah pakai masker calendula ini, terasa banget permukaan kulit jadi lebih smooth!

4. Nature Republic Snail Solution Hydrogel Mask

snailfeatureKayaknya ini produk dengan kandungan lendir siput yang pertama kali saya coba. Essence-nya cenderung lebih padat dibanding sheet mask lain di artikel ini, tapi buat saya tekstur gel-nya masih bisa ditolerir dan nggak lengket-lengket banget. Efek paling signifikan yang saya alami adalah kulit jadi lebih bouncy dan kelembapannya bisa bertahan lama sampai sehari setelahnya. Meskipun banyak yang bilang bahwa semua produk dengan snail secretion terasa lengket untuk kulit berminyak, tapi masker ini buat saya masih cukup nyaman.

5. Tony Moly I’m Real Seaweed Mask

imreal

 

Last but not least, masker dengan kandungan rumput laut dari The Face Shop. Sheet mask ini lumayan bisa mengurangi kemerahan di kulit dan cukup melembapkan tanpa bikin kulit terasa lengket. Efek mencerahkannya sih belum terasa di kulit saya, tapi dengan mengurangi kemerahan di kulit, seenggaknya skintone jadi terlihat lebih rata. Permukaan kulit juga jadi jauh lebih halus dan dry patches berkurang!

Apa sheet mask favorit kamu untuk mengatasi kulit dehidrasi? Share di bawah, ya!